PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BUZZ GROUP TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

YUZNIDA, PURI (2021) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BUZZ GROUP TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUZNIDA PURI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Minat belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu hal yang perlu ditingkatkan oleh setiap peserta didik guna menunjang dalam proses belajar. Berdasarkan pra penelitian di SMK Negeri 7 Bandar Lampung menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik masih rendah dikarenakan masih kurangnya minat belajar dalam mempelajari dan memahami Pendidikan Agama Islam. Beberapa peserta didik masih kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat dan sering mengalami kesulitan dalam poses pembelajaran dikarenakan peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu penerapan strategi pembelajaran Buzz Group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Buzz Group terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelalajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Farmasi 1 dan X Keperawatan 1 di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Buzz Group terhadap minat belajar peserta didik. Terdapat perbedaan signifikan minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan perhitungan uji-t dua sampel yang tidak berkorelasi dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai . Artinya nilai , sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian perlakuan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat mengukur sejauh mana pengaruh peningkatan minat belajar yang dihasilkan setelah perlakuan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Buzz Group, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:32
Last Modified: 18 Aug 2021 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item