PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT ( TGT ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISW PADA KELAS V DI MI AL-FAJAR PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Romanda, Adang (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT ( TGT ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISW PADA KELAS V DI MI AL-FAJAR PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Fiqih Kelas V MI Al-Fajar Pringsewu, guru masih menggunkan metode ceramah walaupun telah diterapkan metode praktik, dan belum pernah menggunakan model pembelajaran teams game tournament (TGT), sehingga kurangnya guru dalam menerapkan motede pembelajaran dikelas berpengaruh terhadap aktivitas peserta didik sehingga pecapaian hasil belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran dikelas berpengaruh terhadap hasil belajar, karena metode ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran berlangsung, model pembelajaran ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan. Rumusan masalah yang di ajukan adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran teams games tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Al- Fajar Pringsewu?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang tahapannya meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penlitian ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Fajar Pringsewu. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara PTK deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar pesrta didik mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil belajar Fiqih siswa kelas V masih rendah hal ini diperoleh dari data awal dengan jumlah siswa 28, yang tuntas 11 siswa (39,3%), sedangkan yang tidak tuntas 17 siswa (60,7%). Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siklus pertama mengalami peningkatan yakni dengan jumlah siswa 28 siswa yang tuntas 17 siswa (60,7%), sedangkan yang tidak tuntas 11 siswa (39,3%). Selanjutnya pada siklus ke dua dengan siswa 28 siswa yang tuntas 24 siswa (85,2%) sedangkan yang tidak tuntas 4 siswa (14,3%). Berdasarkan hasil penlitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil beajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Al-Fajar Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:19
Last Modified: 03 Oct 2017 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item