IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

CAHYANING, HANI’AH (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Cahyaning Hani’ah Kurikulum 2013 merupakan hasil tindak lanjut pemerintah dalam menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 dilandasi oleh pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan, knowladge-based society dan kompetensi masa depan. Sebelum kurikulum 2013 diterapakan, haruslah memiliki perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang bertujuan untuk melihat apakah implementasi kurikulum tersebut sudah terlaksana dengan baik atau tidak. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunkan penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dengan hasil penelitian yang bersifat deskriptif menekankan pada kata bukan angka, selain jenis penelitian penulis melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi analisis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dan mengetahui cara tenaga pendidik kelas IV C dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa Proses perencanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Assalam Bandar Lampung sudah bisa dikata baik. Namun Secara garis besar, tenaga pendidik menyusun RPP hanya berdasarkan pemahamannya sendiri. Proses pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Assalam Bandar Lampung sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. Namun dalam ketercapaian kompetensi peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajarannya masih diperbaiki secara berkelanjutan. Proses penilaian hasil pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islam Assalam Bandar Lampung belum terlaksana sepenuhnya, akan tetapi usaha wali kelas dalam penanaman proses penilaian otentik (authentic assesment) terus dilakukan yaitu menilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh, dimana pada saat proses pembelajaran tenaga pendidik merasa kesulitan untuk memperhatikan setiap peserta didik untuk menilai sikapnya masing-masing sedangkan pada saat yang bersamaan tenaga pendidik juga harus menyampaikan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013 iiABSTACT By : Cahyaning Hani’ah The 2013 curriculum is the result of the government's follow-up in improving the previous curriculum. The 2013 curriculum is based on the idea of future challenges, namely the challenges of the 21st century marked by the age of knowledge, knowledge-based society and future competencies. Before the 2013 curriculum is implemented, it must have planning, implementation and evaluation that aims to see whether the implementation of the curriculum has been implemented properly or not. The research conducted by the author uses qualitative research carried out in natural conditions with descriptive research results emphasizing on words not numbers, in addition to the type of research the authors carry out data collection techniques using interviews, observation, and analytical documentation. The purpose of this study was to determine the implementation of the 2013 curriculum and to find out how educators in grade IV C implemented the 2013 curriculum at SD Islam Assalam Bandar Lampung. However, in general, educators prepare lesson plans based on their own understanding. The process of implementing learning in the implementation of the 2013 Curriculum at the Assalam Islamic Elementary School Bandar Lampung has been carried out as planned. However, the achievement of student competence in the implementation of the learning process is still being improved on an ongoing basis. The process of assessing learning outcomes in the implementation of the 2013 Curriculum at the Assalam Islamic Elementary School in Bandar Lampung has not been fully implemented, but the homeroom's efforts in planting authentic assessment processes continue to be carried out, namely assessing the readiness of students, processes, and learning outcomes as a whole, where during the learning process, educators find it difficult to pay attention to each student to assess their respective attitudes while at the same time educators must also convey learning. Keyword : Implementation of the 2013 Curriculum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:21
Last Modified: 18 Aug 2021 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15329

Actions (login required)

View Item View Item