IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DI MTS HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

DINI, WAHYUNI (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DI MTS HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINI WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini jika melihat lembaga pendidikan dari kacamata sebelah coporate, lembaga pendidikan adalah organisasi yang memproduksi dengan menghasilkan jasa pendidikan yang dibeli konsumen. Dengan konsumen utamanya yaitu siswa. Berdasarkan penelitian di lapangan MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah siswa, namun peningkatan itu belum signifikan. Sejauh ini sudah menerapkan kurikulum yang sesuai dengan ketentuan, tenaga pengajar yang mumpuni, lingkungan madrasah yang baik, sarana prasarana yang tersedia serta ditunjang dengan guru yang bersertifikasi, belum mempengaruhi animo masyarakat umum terhadap MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dari sebuah strategi pemasaran jasa pendidikan melalui penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari 7P. signifikansi penelitian ini ada secara teoritis dan praktis. Secara teoritis ,penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan terkhusus dalam suatu manajemen sekolah. Serta secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dijadikan sebagai bahan dalam memajukan dan meningkatkan strategi pemasaran pendidikan di MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitan dengan jenis kualitatif sifat deskriptif dalam hal ini mengamati strategi pemasaran pendidikan di MTs Hasanuddin. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Kepala TU dan Waka Kurikulum/Kesiswaan. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran jasa pendidikan melalui bauran pemasaran di MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung/ penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer dipilih langsung dari responden mengenai bauran pemasaran, sedangkan untuk data sekunder berupa teori-teori, data statistik serta penujang lainnya diperoleh kepustakaan dan dokmentasi sekolah. Kemudian terkait uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategi pemasaran pendidikan di MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung dilihat pada beberapa faktor yakni : A. Dalam faktor target sasaran MTs menentukan strategi pemasaran dengan analisa karakteristik dan kebutuhan masyarakat, B. Dalam faktor bauran pemasaran: 1) Produk (Product) MTs Hasanuddin menawarkan produk jasa berupa kegiatan keagamaan yang berdasar dari pondok pesantren. Dari program keagamaan itu telah melahirkan dai’-daiah yang eksis di masyarakat. 2) Biaya Pendidikan (Price), terbilang murah karena madrasah hanya meminta infaq setiap tahunnya untuk membantu biaya pembangunan dengan sistemnya paket tahunan. 3) Tempat (Place), lokasi dan letak MTs Hasanuddin cukup strategis karena jauh dari kebisingan jalan raya sehingga terciptanya proses belajar yang tenang. 4) Promosi((Promotion), promosi yang dilakukan MTs Hasanuddin melalui brosur,website, sosial media, mengadakan event (acara Haul), serta dilakukan oleh para alumni ketika berdakwah. 5) Tenaga Pendidik dan Kependidikan (People) Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MTs Hasanuddin memenuhi kualifikasi akademik pegawai, sehingga banyak dari mereka yang sudah berstatus PNS bahkan telah menempuh S-2. 6) Bukti Fisik (Physical Evidence), Fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung tersedia dan berfungsi dengan baik salah satunya, memiliki musholah sendiri yang cukup lebar muat menampung siswa/I nya.7) Proses (Process), Proses jasa pendidikan di MTs Hasanuddin sederhana. Kriteria untuk masuk dan di terima di madrasah tersebut tidak banyak, hanya di utamakan calon siswa/I yang bisa mengaji. Namun demikian Strategi pemasaran yang efektif bagi MTs Hasanuddin yakni melalui acara haul yang dilakukan setiap tahun. Kata Kunci : Bauran Pemasaran (Marketing Mix), MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung, Target Sasaran iiABSTRACT The background of this research when looking at educational institutions from the perspective of a corporate side, educational institutions are organizations that produce by producing educational services purchased by consumers. The main consumers are students. Based on research in the field, MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung has increased the number of students every year, but the increase has not been significant. So far, the curriculum has been implemented in accordance with the provisions, qualified teaching staff, a good madrasa environment, available infrastructure and supported by certified teachers, have not affected the general public's interest in MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. This study aims to describe the implementation of an educational services marketing strategy through the application of a marketing mix consisting of 7Ps. The significance of this research is theoretical and practical. Theoretically, this research is expected to add to the treasures of knowledge, especially in a school management. And practically, this research is expected to be useful as material in advancing and improving education marketing strategies at MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. The method in this study uses qualitative methods, the type of research with qualitative types is descriptive in this case observing the marketing strategy of education at MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. The subjects in this study were the principal, the head of TU and the Deputy Head of Curriculum/Students. The object of this research is the marketing strategy of educational services through the marketing mix at MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung. This research uses data collection techniques through observation, interviews and documentation. Primary data were selected directly from respondents regarding the marketing mix, while secondary data in the form of theories, statistical data and other supporting data were obtained from school literature and documentation. Then related to the validity of the data, it is done by triangulation of sources. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation and draw conclusions. The results of this study indicate that the implementation of the marketing strategy of education at MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung is seen in several factors, namely: A. In the target factor, MTs determines the marketing strategy by analyzing the characteristics and needs of the community, B. In the marketing mix factors: 1) Product ( Product) MTs Hasanuddin offers service products in the form of religious activities based on Islamic boarding schools. From this religious program, it has given birth to preachers who exist in the community. 2) Tuition Fees (Price), are relatively cheap because madrasas only ask for infaq every year to help with development costs with an annual package system. 3) Place, the location and location of MTs Hasanuddin is quite strategic because it is far from the noise of the highway so as to create a quiet learning process. 4) Promotion (Promotion), promotions carried out by MTs Hasanuddin through brochures, websites, social media, holding events (Haul events), and carried out by alumni when preaching 5) Educators and Education Personnel (People) Educators and Education Personnel in MTs Hasanuddin meets the academic qualifications of employees, so many of them are already civil servants and have even taken master's degrees. 6) Physical Evidence, Facilities and infrastructure owned by MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung are available and functioning well, one of which is having its own prayer room which is wide enough to accommodate students. Education services at MTs Hasanuddin are simple. There are not many criteria to enter and be accepted at the madrasa, only prospective students who can recite the Koran are prioritized. Keywords: Marketing Mix, MTs Hasanuddin Teluk Betung Bandar Lampung, Targets

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:16
Last Modified: 18 Aug 2021 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item