SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 1 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TAUFIK, JAYA ABDUL AZIZ (2021) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 1 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Taufik Jaya Abdul Aziz Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Supervisi Kepala Skolah Terhadap Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi saat ini proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, guru merupakan komponen utama yang harus dibina dan dikembangkan secara terus menerus. Kegiatan pembelajaran PAI akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemauan dan usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, dalam suatu pendidikan perlu adanya supervisi kepala sekolah terhadap pembelajaran daring, karena supervisi pembelajaran dapat mengembangkan kompetensi kinerja dan professional guru. Maka penulis meneliti tentang Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran secermat mungkin mengenai supervisi kepala sekolah dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Desain penelitian yang di gunakan yaitu, desain penelitian naratif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan penulis mengunakan triangulasi metode atau teknik. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap pembelajaran daring sudah berjalan dengan kurun waktu yang sudah ditentukan setiap semesternya, namun waktu tersebut hanya sebagai formalitas, karena supervisi yang dilakukan dilaksanakan setiap hari walaupun di masa pandemi saat ini. Metode yang digunakan adalah metode kelompok dan individu, aspek yang di amati persiapan mengajar, kegitan guru saat pembelajaran daring dan keaktifan guru dalam menjalankan tugas dan sikap. Dengan hal tersebut relatif terbukti dengan persiapan yang lebih matang yang di tunjukkan oleh guru Pendidikan Agama Islam ketika akan melaksanakan proses pembelajaran secara daring dengan media aplikasi online seperti Whatsaap Group, Zoom dan Google Classroom, dengan penggunaan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi tidak hanya metode ceramah namun juga dengan metode pemberian sebuah video lalu siswa diminta untuk mempraktikkannya dan menganalisis, kemudian dengan kreatifitas guru dalam mengelola kelas. Hal ini terbukti dengan adanya pelaksanaan supervisi itu dapat memberikan bantuan, bimbingan, dan pelayanan dalam mengatasi masalah dan kesulitan yang di hadapi oleh seorang guru terkait proses kegiatan belajara mengajar atau pembelajaran daring di SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Mengacu pada teori supervisi maka supervisi kepala sekolah terhadap pembelajaran daring di SMAN 1 Tanjung Sari Kabupaten Lamapung Selatan berjalan dengan baik. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Pembelajaran Daring, Supervisi iiiABSTRACT Oleh: Taufik Jaya Abdul Aziz This study aims to describe how the Principal Supervision of Online Learning Islamic Education (PAI) Subjects at SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung. In an effort to improve the quality of education during the current pandemic, the learning process is carried out online, teachers are the main component that must be fostered and developed continuously. PAI learning activities will be more successful if carried out by teachers with their own will and efforts. But often teachers still need help from others. Therefore, in an education, it is necessary to supervise school principals on online learning, because learning supervision can develop teacher performance and professional competencies. So, the author examines the Principal Supervision of Online Learning in Islamic Education (PAI) Subjects at SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung. The type of research used is descriptive qualitative, namely research that aims to provide an overview as accurately as possible regarding the supervision of school principals in online learning on PAI subjects at SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung. The research design used is the narrative research design. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. The author’s data analysis techniques are: data reduction, data presentation, drawing conclusions and the author uses triangulation methods or techniques. The subjects of this research is the Principal of SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung. Based on the results of this study, it shows that SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung in the implementation of the principal’s supervision of online learning has been running for a predetermined period of time each semester, but this time is only a formality, because the supervision is carried out every day even during the pandemic now. The methods used are group and individual methods, aspects observed are teaching preparation, teacher activities during online learning and teacher activity in carrying out tasks and attitudes. With this, it is relatively proven by the more mature preparation shown by Islamic Education teachers when they will carry out the online learning process with online application media such as WhatsApp Group, Zoom and Google Classroom, with the use of varied methods in delivering material not only the lecture method. But also with the method of giving a video and then students are asked to practice it and analyze it, then with the creativity of the teacher in managing the class. This is evidenced by the implementation of supervision that can provide assistance, guidance, and services in overcoming problems and difficulties faced by a teacher related to the process of teaching and learning activities or online learning at SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung. Referring to the theory of supervision, the principal’s supervision of online learning at SMAN 1 Tanjung Sari, South Lampung is going well. Keywords: Principal, Online Learning, Supervision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 06:38
Last Modified: 18 Aug 2021 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item