PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF ESTEEM

SUNDARI, Karmin (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CERTAINLY OF RESPONSE INDEX TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF ESTEEM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (24MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SUNDARI (1711050115) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecakapan peserta didik menerapkan pengetahuannya untuk menyelesaikan soal matematika sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah matematis. kemampuan pemecahan masalah matematis didalam pembelajaran matematika adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat diperlukan siswa dikarenakan pemecahan masalah merupakan langkah awal peserta didik dalam mengembangkan ide-ide dalam membangun pengetahuan tbaru serta mengembangkan keterampilan dalam matematika. Berdasarkan prapenelitian yang peniliti lakukan di MTs Miftahul Ulum, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII MTs tersebut masih rendah. Selain kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah, self esteem peserta didik dalam pembelajaran matematika juga masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penulis tertarik untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self esteem. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembeajaran Certainly Of Response Index (CRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matemtais dan self esteem peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model CRI dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Desaign, sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII C MTs Miftahul Ulum. Pengambilan sample menggunakan tenik Simple Random Sampling. Teknik dalam mengumpulkan data berupa tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkaan Uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) dengan berdasarkan hasil perhirungan yang sudah dilakukan nilai dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan self esteem kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan pemecahan masalah matematis dan self esteem peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI). Kata Kunci : Model Pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Esteem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 05:16
Last Modified: 18 Aug 2021 05:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item View Item