PENGARUH MODEL LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

ASA, NINGTYAS HANDAYANI (2021) PENGARUH MODEL LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika itu sendiri maupun mengaitkan konsep matematika dengan bidang lainnya. Berdasarkan hasil ulangan menunjukkan bahwa kemampuan konektis peserta didik di SMA Negeri 1 Buay Madang masih rendah, terlihat dalam proses penyelesaian masalah. Peserta didik kurang mampu dalam memahami maksud dari soal, tidak mengoreksi kembali jawaban setelah mengerjakan dan tidak mencari alternative lain dari permasalahan soal tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan model Logan Avenue Problem Solving-Heuristik(LAPS-Heuristik) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving- Heuristik(LAPS-Heuristik) terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperimental design dengan rancangan factorial 2 x 4. Populasi penelitian peserta didik yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Buay Madang. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan sampel dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dan angket tipe kepribadian keirsey. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normallitas dan homogenitas. Pengolahan data ini menggunakan bantuan SPSS 18 dan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik(LAPS-Heuristik) terhadap kemampuan koneksi matematis. (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian guardian, artisan, rational dan idealist terhadap kemampuan koneksi matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci: Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS- Heuristik), kemampuan Koneksi Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:14
Last Modified: 13 Aug 2021 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item