PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI TINJAU DARI CURIOSITY

LUSI, ANGGRAINI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP KEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI TINJAU DARI CURIOSITY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSI ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh setiap peserta didik untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar khususnya dalam mempelajari matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 01 Bunga Mayang dimana pembelajaran masih berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match (ICM) dan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari curiosity. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bunga Mayang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan materi bangun ruang sisi datar pada kubus dan balok. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar angket tes curiosity peserta didik. Analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) sehingga H0A ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis (2) sehingga H0B ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh pada peserta didik yang memiliki curiosity tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis (3) sehingga H0AB diterima dengan kesimpulan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Index Card Match (ICM) dan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan peserta didik yang memiliki kategori curiosity tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Model pembelajaran ICM, Model Pembelajaran CRH, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Curiosity.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:55
Last Modified: 13 Aug 2021 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item