PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK

ISTIQOMAH, Supangat (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 12 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ISTIQOMAH BISMILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika.Penelitian ini telah dilakukan di MTs Ma’arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs Ma’arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo masih rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel penelitian ini asalah peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif NU 10 Penawaja Pugung Raharjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aritmatika Sosial. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian dan angkat self confidence. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi yang dipakai yaitu 0,05, dan diperoleh kesimpulan (1)terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. (2) Tidak terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. (3) Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning dengan kategori self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Himpunan. Kata Kunci : Model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning, Konsep Gamifikasi, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:32
Last Modified: 13 Aug 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15295

Actions (login required)

View Item View Item