PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN STRATEGI LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

DINA, GUSTI ANDANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN STRATEGI LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsifull dina 11.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kesalahan karena kecerobohan atau kurang cermat, kesalahan menyampaikan informasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan memahami soal, berdampak pada pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman konsep merujuk kepada kemampuan peserta didik untuk mengaitkan pengetahuan yang telah mereka ketahui sebelumnya,dengan pengetahuan baru dalam matematika, untuk memaparkan situasi matematika dengan cara-cara yang berbeda. Gaya belajar ialah suatu cara yang dilakukan oleh peserta didik untuk memahami informasi atau stimulus, berpikir, cara mengingat dan memecahkan soal. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan gaya belajar peserta didik di Pondok Pesantren Muhajirin masih rendah, terlihat dalam proses peserta didik menyelesaikan masalah, hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan model pembelajaran artikulasi dengan Strategi Learning cell dan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII Pondok Pesantren Muhajirin Al-Mubarok, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu anova dua jalan. Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran artikulasi dengan Strategi Learning Cell dan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis (2) Terdapat perbedaan kategori gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata kunci: Artikulasi dengan Strategi Learning Cell, Pemahaman konsep matematis, ditinjau dari gaya belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:16
Last Modified: 13 Aug 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item