PENGARUH MODEL ATI DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY

DINDA, ARTIKA DEWI (2021) PENGARUH MODEL ATI DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB  1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan dalam penguasaan sejumlah materi, menginterpretasikan sesuatu, memberikan gambaran (contoh) serta mampu mengemukakan kembali materi dalam bentuk lain yang lebih mudah untuk dimengerti. Self-Efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap keterampilan dan kemampuan dirinya dalam mengorganisasikan dan menyelesaikan permasalahan untuk hasil yang terbaik dalam suatu tugas tertentu. Berdasarkan hasil ulangan harian matematika bahwa kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik di SMA Negeri 1 Buay Madang masih rendah, dilihat dalam proses peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang disebabkan karena masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik sehingga peserta didik tidak mampu menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Selain itu, factor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy peserta didik yaitu kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting. Tujuan dari penelitian ini diantaranya : 1). Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep. 2). Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap Self Efficacy. 3). Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Buay Madang. Teknik pengambilan sampel dalam iipenelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan X IPA 4 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik serta lembar angket untuk mengukur self efficacy peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA berbantuan aplikasi SPSS 25.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep. 2). Terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap Self Efficacy. 3). Terdapat perbedaan pengaruh antara model Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan teknik Probing Prompting dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy”. Kata Kunci : Aptitude Treatment Interaction (ATI), Probing Prompting, Kemampuan Pemahaman Konsep, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:39
Last Modified: 13 Aug 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item