PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT

ANA, MAR’ATUSSOLIHAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (809kB)
[thumbnail of skripsi Ana Mar'atussolihah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NURUL IMAN SEKINCAU LAMPUNG BARAT Oleh : Ana Mar’atussolihah Keterampilan abad 21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran matematika merupakan suatu keterampilan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas, uji hipotesis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Manova, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan komunikasi peserta didik, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan kolaborasi, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Creativity, Keterampilan Berpikir Kritis Matematis, Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis, Keterampilan Komunikasi Matematis dan Keterampilan Kolaborasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:15
Last Modified: 13 Aug 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item