PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA CENDEKIA AL-MADANI KECAMATAN NGAMBUR PESISIR BARAT

Widdia, Wati (2021) PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA CENDEKIA AL-MADANI KECAMATAN NGAMBUR PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penggunaan media boneka tangan di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah alternatif dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di kelas B di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat masih tergolong rendah,sehingga masih banyak anak belum dapat mengekspresikan apa yang mereka lihat dan belum mampu mengungkapkan pendapatnya.Rumusan Masalah yaitu: ―Apakah Media Boneka Tangan dapat Mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat‖. sehingga dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam peningkatan perkembangan kemampuan bahasa anak melalui media boneka tangan pada kelompok B di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat . Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan model Spiral Kemmis & Mc Tanggart yang terdiri dari dua siklus dan enam pertemuan,subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat yang berjumlah 14 anak.dan Objek penelitian ini yaitu penggunaaan media boneka tangan dalam mengembangkan kemampuan bahasa.Teknik pada pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan wawancara .untuk instrumen yang digunakan peneliti dalam observasi berupa lembar pengamatan penelitian siswa dalam proses pembelajaraan,pada kegiatan mendokumentasikan dalam segala hal keaktivitas anak selama kegiatan pembelajaran berupa foto untuk dokumentasi,dan untuk mengetahui kondisi yang ada disekolah serta permasalahan maka peneliti menggunakan pedoman wawancara terhadap guru kelompok B yang menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bahasa anak berkembang sangat baik.maka dapat dilihat dari kemampuan bahasa awal anak mengalami peningkatan terhadap kemampuan bahasa anak yanag terhadap 14 anak di kelas B. Sehingga peneliti memperoleh hasil data yaitu,pada siklus l kemampuan bahasa pada peserta didik memperoleh keberhasilan rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 5 anak yaitu mencapai (35,3 %).dalam kategori kurang baik,maka peneliti melanjutkan ke siklus ll pada kemampuan bahasa peserta didik mengalami peningkatan yaitu memperoleh rata-rata Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 12 anak yaitu mencapai (85,3%), sudah mencapai kriteria keberhasilan.sehingga adanya media boneka tangan di RA Cendekia Al-Madani Kecamatan Ngambur Pesisir Barat dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Kata Kunci : Kemampuan Bahasa ,Media Boneka Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:54
Last Modified: 12 Aug 2021 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item