PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

MIRANDA, HANIYYAH FADHILAH (2021) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRANDA HANIYYAH FADHILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan logika matematika adalah salah satu aspek kecerdasan kognitif yang sangat penting dikembangkan pada anak sejak usia dini. Kecerdasan ini berkenaan dengan kemampuan anak dalam mengenal dan memahami simbol-simbol, angka-angka matematika, lambang bilangan dan bentuk geometri. Angka, simbol, lambang bilangan, bentuk geometri tersebut merupakan kemampuan awal bagi anak usia dini. mengingat pengenalan konsep matematika pada anak usia dini perlunya kegiatan-kegiatan yang benar-benar yang dapat dipahami oleh anak perlu adanya kegiatan yang dapat dilakukan seperti bermain, bermain akan membuat anak merasa senang serta anak tidak merasa mereka sedang dituntut untuk belajar. Dengan demikian penulis melakukan penelitian dengan kegiatan permainan ular tangga menggunakan bahan benner yang besar untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian yaitu: “Apakah kegiatan permainan ular tangga berpengaruh terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 1 labuhan ratu bandar lampung?” Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian Quasi Eksperiemen. Populasi dalam penelitian berjumlah 70 peserta didik, Sampel penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun terbagi dua kelas yaitu kelas B2 sejumlah 28 anak sebagai kelas eksperimen menggunankan permaian ular tangga dan B3 berjumlah 28 anak sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media kartu angka total dari kedua kelompok berjumlah 56 peserta didik, teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan peneliti menggunakan uji prasyarat analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan homogenitas data dan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan uji Independent sampel T Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahhwa berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas kelas eksperimen dan kontrol nilai sig. (2tailed) lebih besar dari taraf signifikansi sebesar 0.05. Berdasarkan Hasil uji Independent sample t test dengan menggunakan perhitungan hasil uji SPSS versi 25. Tersebut mendapatkan nilai sig (2-tailed) = 0.019 sedangkan sig 0.05 dengan demikian kriteria diterima. Apabila jika nilai sig < 0.05. jadi dapat disimpulkan dari hasil observasi akhir hasil kecerdasan logika matematika anak jika nilai sig < 0.05 (0.019<0.05) maka diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung Kata Kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Permainan Ular Tangga.iii Abstrack Mathematical logic intelligence is one aspect of cognitive intelligence that is very important to be developed in children from an early age. This intelligence is related to the child's ability to recognize and understand symbols, mathematical numbers, number symbols and geometric shapes. Numbers, symbols, number symbols, geometric shapes are early abilities for early childhood. considering the introduction of mathematical concepts in early childhood, the need for activities that can really be understood by children, the need for activities that can be done such as playing, playing will make children feel happy and children do not feel they are being required to learn. Thus the authors conducted research with snakes and ladders game activities using a large banner material to improve the mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years. The formulation of the problem in the research is: "Does the snake and ladder game activity affect the mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years in Aisyiyah 1 Kindergarten, Labuhan Ratu, Bandar Lampung?" The research method used in this study is a quantitative research type of quasi- experimental research. The population in the study amounted to 70 students. The sample of this study were children aged 5-6 years divided into two classes, namely class B2 with 28 children as the experimental class using the snake and ladder game and B3 with 28 children as the control class using the media of the total number card from both a group of 56 students, data collection techniques carried out by researchers using observation, interviews and documentation. And the researcher uses the prerequisite test for data analysis, the researcher uses the normality and homogeneity test of the data and to test the hypothesis the researcher uses thetest Independent sample T Test. The results showed that based on the results of the normality and homogeneity test of the experimental and control classes, the sig. (2tailed) is greater than the significance level of 0.05. Based on the results of the Independent sample t test using the calculation of thetest results SPSS version 25. The obtained value of sig (2-tailed) = 0.019 while sig 0.05 thus the criteria are accepted. If if the value of sig < 0.05. so it can be concluded from the results of the final observation of the results of children's mathematical logic intelligence if the value of sig < 0.05 (0.019 < 0.05) then it is accepted, thus it can be concluded that the snake and ladder game has an influence on the mathematical logic intelligence of children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Keywords: Mathematical Logic Intelligence, Snakes and Ladders Game.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:48
Last Modified: 12 Aug 2021 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item