ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG

Luciana, Nur Asri (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Bagan dikotomi konsep merupakan suatu bagan yang penyajiannya berupa konsep-konsep yang disusun secara berpola berpasangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahpahaman konsep atau miskonsepsi siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualititif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kemampuan kognitif dengan melihat hasil belajar siswa pada materi sebelumnya yaitu materi Pertumbuhan pada Tanaman diperoleh 48 siswa dari delapan kelas dengan 16 siswa berkemampuan kognitif tinggi, 16 siswa berkemampuan kognitif sedang dan 16 siswa berkemampuan kognitif rendah. Materi yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi merupakan konsep yang telah dipelajari yaitu Fotosintesis. Instrumen yang digunakan adalah bagan dikotomi konsep dan angket. Hasil menunjukkan menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa terjadi dipengaruhi oleh kemampuan kognitif siswa. Semakin tinggi kemampuan kognitifnya semakin rendah miskonsepsi yang terjadi. Hasil bagan dikotomi konsep siswa berkemampuan tinggi adalah sangat baik, bagan dikotomi konsep siswa berkemampuan sedang adalah adalah baik sedangkan bagan dikotomi konsep siswa berkemampuan rendah adalah cukup. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa berkemampuan kognitif tinggi memiliki rata-rata sebesar 23,2%, miskonsepsi siswa berkemampuan kognitif sedang memiliki rata-rata sebesar 41,9% dan miskonsepsi siswa berkemampuan kognitif rendah memiliki rata-rata sebesar 62,5%. Penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa berkemampuan kognitif tinggi sebagian besar karena siswa cukup mengalami reasoning yang tidak lengkap dan memiliki intuisi yang kurang baik, penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas sedang adalah siswa mengalami reasoning yang tidak lengkap dan memiliki intuisi yang sangat kurang baik serta memiliki kemampuan kognitif yang kurang baik sedangkan penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas rendah sebagian besar dikarenakan siswa memiliki kemampuan kognitif yang kurang baik, siswa memiliki pemikiran humanistik dan perasaan intuisi yang sangat kurang baik serta siswa mengalami reasoning yang tidak lengkap. Kata kunci : Miskonsepsi, Bagan Dikotomi Konsep, Fotosintesis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 24 Feb 2017 07:21
Last Modified: 24 Feb 2017 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item