PEMANFAATAN FASILITAS FREE WiFi DENGAN JUAL BELI BERSYARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi di Indomaret Jensu Pringsewu 4 Kelurahan Pingsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu)

BAGAS, LAKSONO (2021) PEMANFAATAN FASILITAS FREE WiFi DENGAN JUAL BELI BERSYARAT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ( Studi di Indomaret Jensu Pringsewu 4 Kelurahan Pingsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover,bab 1, bab 2 dapus Bagas Laksono (1621030446) 1.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Full skripsi Bagas Laksono (1621030446) 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muamalah adalah salah satu bagian dari Hukum Islam yang mengatur beberapa hal yang berhubungan secara langsung dengan tatacara hidup antar manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Sesuai dengan berkembangnya zaman sekarang dapat ditemukan jual beli id wifi. Dalam permasalahan ini jual beli Id Wifi yang dilakukan pihak Indomaret mempunyai syarat dalam akadnya yaitu minimal harga pembelian untuk mendapatkan Id Wifi dan ada biaya tambahan secara sepihak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik pemanfaatan fasilitas Free WiFi di Indomaret Jensu Pringsewu 4 kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. (2) Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap praktik pemanfaatan fasilitas Free WiFi di Indomaret Jensu Pringsewu 4 kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana praktek Pemanfaatan Fasilitas Free Wifi Menggunakan Jual Beli Id Wifi Menurut Perspektif Hukum Islam Di Indomaret Jensu Pringsewu Kec. Pringsewu Barat Kab. Pringsewu. (2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum dan etika bisnis Islam terhadap praktek Pemanfaatan Fasilitas Free Wifi Menggunakan Jual Beli Id Wifi Menurut Perspektif Hukum Islam Di Indomaret Jensu Pringsewu Kec. Pringsewu Barat Kab. Pringsewu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yakni penelitian dengan mencoba memberikan gambaran dan menjelaskan tentang praktik jual beli Id Wifi di Indomaret Jensu Pringsewu. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data primer berupa wawancara dengan narasumber, pemilik toko Indomaret Jensu, pegawai Indomaret Jensu, dan pembeli. Sumber data sekunder diperoleh dari berbagai referensi buku-buku, skripsi, dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Praktik jual beli id wifi yang di lakukan di Indomaret Jensu Pringsewu sama saja dengan jual beli pada umumnya yaitu adanya pembeli dan penjual yang telah melakukan transaksi jual beli id wifi dan adanya unsur suka sama suka antara penjual dan pembeli untuk membeli id wifi dalam bentuk voucher di toko tersebut. (2) Perspektif hukum Islam mengenai praktik jual beli id wifi di Indomaret Jensu Pringsewu 4 tidak diperbolehkan, karena adanya unsur keterpaksaan dan tidak adanya perjanjian di awal yaitu bila terjadi kesalahan akses yang sudah di beli oleh pembeli dan pihak penjual tidak dapat bertanggung jawab dan meminta biaya tambahan jika ingin mengganti id dan password wifi tersebut, dimana dalam hal ini pembeli merasa dirugikan oleh sistem jual beli yang seperti ini. Dapat dikatakan bahwasanya yang menjadi sebab jual beli tersebut tidak diperbolehkan karna tidak adanya sighat( akad) yang menyatakan adanya unsur keterpaksaan pembeli dan penamban biaya jika ingin mengganti id dan password wifi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2021 07:31
Last Modified: 09 Jul 2021 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15190

Actions (login required)

View Item View Item