GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI PONDOK PESANTREN RAUDLAUTUL MUTA’ALIMIN WAY KANAN

SAPTOMI, Abdurahman (2021) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI PONDOK PESANTREN RAUDLAUTUL MUTA’ALIMIN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi SAPTOMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan merupakan suatu proses yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi dan mempengaruhi bawahan untuk mencapai tujuan organisasi.Pemimpin merupakan bagian yang terpenting dalam organisasi,karena apabila pemimpin menjalankan fungsi kepemimpinan dengan baik maka berjalan organisasi Penelitian akan ini dengan baik gaya dan berlaku sebaliknya. berbicara tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaálim Way Kanan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Di PondokPesantrenRaudlatulMutaálim Way Kanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaálim Way Kanan. Manfaat dari penelitian ini ada dua aspek, yaitu: 1) Manfaat teoritis, 2) manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupakata-kata tertulis atau subjek lisan dan diamati yaitu kepala sekolah tenaga yang pendidik.Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik.Hasil relevan yang diperoleh menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah gaya Ibtidaiyah (MI) Di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaálim Way Kanan menggunakan kepemimpinan, yaitu kepemimpinan gaya gaya pada partisipatif/demokratis menitik beratkan usaha seorang pemimpin dalam melibatkan partisipasi para pengikutnya dalam setiap pengambilan keputusan. Dan dampak positif yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan partisipatif bahwa para pengikut memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap pencapaian tujuan organisasi karena keterlibatannya dalam pengambilan keputusan. Kesimpulan penelitian ini adalah kepala sekolah selalu saja. kegiatan mengikutsertakan bawahan dalam suatu apa Kemudian kepala madrasah harus senang menerima saran dan kritik. Selanjutunya pemimpin perlu mengutamakan kerja sama kelompok agar tujuan sekolah tercapai dan memgarahkan bawahan untuk berkembang supaya berhasil dari padanya. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2021 07:24
Last Modified: 09 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item