TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENENTUAN WAKTU KERJA DAN LIBUR KERJA (Studi Pada CV. Niaga Gordyn Bandar Lampung)

RAHMAT, ANDAYA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENENTUAN WAKTU KERJA DAN LIBUR KERJA (Studi Pada CV. Niaga Gordyn Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Pekerjaan merupakan sesuatu hal yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang guna bertahan hidup, sebab dengan melakukan pekerjaan akan menghasilkan upah ataupun uang. Dengan demikian adanya pekerjaan tersebut maka secara langsung memunculkan hak dan kewajiban baik bagi pemberi kerja maupun penerima kerja, di mana hak dan kewajiban itu secara umumnya termasuk pada perjanjian kontrak kerja antara kedua belah pihak namun secara ketentuan hukum hak dan kewajiaban dalam ikatan kerja lebih mengarah dan mementingkan kepada hak atas pribadi dari pekerja seperti halnya hak upah, jam kerja, dan jatah libur kerja, sebab dengan adanya hak-hak tersebut maka akan terwujudnya jaminan kehidupan bagi pekerja. Berdasarkan latar belakang dari rumusan masalah pada penelitian yakni Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif mengenai Penentu waktu kerja dan libur kerja Studi pada Cv. Niaga Gordyn,? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Mengenai Waktu kerja dan Libur Kerja CV. Niaga Gordyn Bandar Lampung, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan dari hukum positif dan Hukum Islam mengenai penentu waktu kerja dan libur kerja bagi pekerja yang bekerja di Cv. Niaga Gordyn tersebut. Serta Bagaimana Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Mengenai Waktu kerja dan Libur Kerja CV. Niaga Gordyn Bandar Lampung. Metode ini menggunakan jenis penelitian pustaka (Field Researh) yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan metodis guna mengungkap data- data yang akan digunakan dalam penelitian yang bersumber dari lokasi yang ada dilapangan yaitu dengan menggunakan data-data yang bersumber pada data primer dalam hal ini wawancara dengan pekerjanya, selain itu menggunakan data sekunder dengan menggunakan buku, jurnal dan lainya serta data tersier. Pola berpikir dalam penelitian ini menggunakan pola pikir deduktif dan pendekatannya menggunakan kualitatif yang didapatkan dari lapangan, lantas berdasarkan ketentuan atau kesimpulan penelitian ini, maka dapat dipaparkan dari hasil penelitian ini ialah pemberian hak berupa batas waktu, libur kerja dan upah dari hukum positif studi pada Cv. Niaga. Berdasarkan peraturan perundang- undangan sudah memiliki kesesuaian dari hukum positif, Dalam hal ini terikat pada perjanjian kerja dan kesepakatan antara kedua belah pihak dan adanya kebebasan dalam menyakatan kehendaknya sendiri, sebab perjanjian yang dibuat oleh kesepakatan dari kedua belah pihak merupakan suatu ketentuan hukum dan dapat dijadikan Undang-Undang bagi yang membuatnya. Sedangkan didalam segi Hukum Islam, kontrak kerja pada Cv. Niaga sudah memiliki kesesuaian, walaupun mengenai Waktu dan Jatah Libur tidak secara jelas dipaparkan dalam Islam namun sesuai dengan konsep syariat yaitu mempertimbangkan antara hak dan kewajiban tersebut berdasarkan atas kesepakatan kedua belah pihak (persetujuan) guna menghindari kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:42
Last Modified: 09 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item