PERSEPSI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI BELITANG (Studi pada Bank Syariah Mandiri Belitang Kabupaten Oku Timur)

Susanti, Yosi (2017) PERSEPSI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH MANDIRI BELITANG (Studi pada Bank Syariah Mandiri Belitang Kabupaten Oku Timur). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dikalangan masyarakat masih ada tanggapan yang sangat sulit yang merumuskan persepsi mereka bahwa bank syariah itu sama saja dengan bank konvensional. Kesalahan persepsi ini disebabkan beberapa faktor. Pertama, kelengkapan dari system perbankan syariah itu baik menyangkut pilosofis, system dan teknik yang belom mapan. Kedua, SDM dibank syariah itu dapat dikatakan sebagaian besarnya dalah alumni bank konvensional yang tentu akan membawa pola fikir, budaya dan system bank konvensional. Sehingga filosofi dari bank syariah yang murni syariah sesungguhnya belom sepenuhnya mewarnai semua visi, misi dan sepak terjang bank syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah persepsi nasabah dalam memilih produk bank syariah mandiri belitang (studi pada Bank Syariah Mandiri Belitang kabupaten OKU Timur)?. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi nasabah dalam memilih produk Bank Syariah Mandiri Belitang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dalam kancah yang sebenarnya, penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri Belitang yang berjumlah 113 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Yakni menganalisis data yang telah peneliti peroleh di lapangan melalui penyebaran kuesioner kemudian diproses dan diolah sehingga didapatkan sebuah kesimulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi nasabah dalam memilih produk yang ada di BSM dipengaruhi oleh informasi dari saudara/teman yang paling dominan, hal ini dikarenakan memudahkan nasabah untuk cepat mengetahui produk-produk BSM yang biasanya digunakan dari mulut kemulut, walaupun nasabah hanya memahami produk yang mereka gunakan saja dan kurang mengetahui produk-produk lainnya yang dimiliki BSM. Hal ini lah yang membuat nasabah kurang berminat dalam memilih produk-prouk lainnya karena disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman nasabah terhadap produk-produk yang ada di bank syari’ah. Dari beberapa produk yang ada di Bank Syari’ah Mandiri Belitang, ternyata produk simpanan yang banyak diminati oleh nasabah BSM Belitang yaitu produk Tabungan BSM dengan prinsip mudharabah muthlaqah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:05
Last Modified: 02 Oct 2017 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item