KONSEP AKHLAK PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF BURHANUDDIN AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL- MUTA’ALLIM

Zumrotus, Sholihah (2021) KONSEP AKHLAK PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF BURHANUDDIN AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL- MUTA’ALLIM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik merupakan salah komponen dari pendidikan. Peserta didik memiliki potensi yang mapan untuk dikembangkan adapun faktor yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik adalah dirinya sendiri dan faktor dari luar dirinya yang meliputi orang tua,lingkungan, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep akhlak peserta didik menurut Burhanuddin Al-Zarnuji. Adapun peneliti skipsi ini adalah penilitian kepustakaan, Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah (library research) yang merupakan suatu penelitian menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, serta metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis isi (contet analysis). Berdasarkan Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa: Bahwa akhlak peserta didik menurut al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim adalah, pertama akhlak peserta didik terhadap Tuhan, yaitu dengan mengharap wara’ dan bertawakkal. Kedua akhlak peserta didik terhadap orang tua, yaitu karena orang tua adalah orang pertama yang mengenalkan anak didik tentang banyak hal sebelum pendidik dan tanpa etika kepada orang tua maka ilmu yang didapatkan tidak akan berkah. Ketiga akhlak peserta didik terhadap pendidik, yaitu peserta didik tidak akan memperoleh ilmu dan tidak akan dapat mengambil manfaatnya, tanpa mau mengormati gurunya. Keempat akhlak peserta didik terhadap kitab, yaitu dengan menghargai nilai buku, memperhatikan segala ilmu dan hikmah serta mencatatnya dengan baik dan rapi. Kelima akhlak peserta didik terhadap dirinya, yaitu dengan memiliki sifat tawadlu’, berani, menghindari perselisihan dan menanamkan rasa kasih sayang. Keenam akhlak peserta didik terhadap teman, yaitu dalam memilih teman hendaknya selalu berhati-hati agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Ketujuh akhlak peserta didik ketika belajar, yaitu menganjurkan peserta didik untuk selalu belajar, larangan mempelajari ilmu perdukunan, berniat yang baik, memilih ilmu yang baik, sabar dan tabah. Kata kunci : Akhlak, Kitab Ta’lim Al- Muta’allim (Terjemahnya)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:15
Last Modified: 08 Jul 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item