PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR TAHUN2020-2021

SIGIT, Kadeni (2021) PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR TAHUN2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover_Bab I_II_Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik ini dilatar belakangi oleh sering timbulnya permasalahan peserta didik di SMP yang sering mengalami permasalahan dalam keterampilan sosialnya akibat perbedaan yang ada pada peserta didik, baik dari segi lingkungan masyarakat, ekonomi, dan keluarga. Maka dari itu peneliti ingin mengamati pengaruh bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Penelitian ini menggunakan tenik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Fokus penelitiannya adalah pengaruh bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik. Dengan sampel peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 2 peserta didik yang memiliki permasalahan dalam keterampilan sosial. Dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, layanan bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik Lampung Timur terdapat pengaruh hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil pretest menggunakan instrument angket, peserta didik mendapatkan skor rata- rata sebesar 55,5. Hasil posttest peserta didik mendapatkan skor rata- rata 78, nilai signifikan 0,018 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh (peningkatan positif) layanan bimbingan pribadi sosial dengan teknik behavioral rehearsal terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik Lampung Timur. Kata Kunci: Behabioral Rehearsal, Bimbingan Pribadi Sosial, Keterampilan Sosial, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:58
Last Modified: 08 Jul 2021 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15166

Actions (login required)

View Item View Item