PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X IPA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

OKTAVIANI, LESTARI (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X IPA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan di SMA YP UNILA Bandar Lampung, menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan berpikir kritis karena proses pembelajaran didalam kelas yang masih menggunakan model konvensional yakni sumber informasi pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan hanya sebatas papan tulis dan tidak adanya variasi pada media pembelajaran menjadi salah satu penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design. Desain yang digunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA YP UNILA Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik random samping, terbagi menjadi 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen X MIPA 1 dan satu kelas sebagai kelas kontrol X MIPA 2. Teknik pengumpukan data dengan tes verventuk uraian, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat t hitung > t tabel yaitu 3.189 > 2.001, sehingga keputusan ujinya ditolak dan diterima, yaitu rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan project based learning tidak sama dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode konvensional. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Model Pembelajaran project based learning berpengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Biologi Kelas X IPA YP UNILA Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:26
Last Modified: 08 Jul 2021 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item