PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT DAN PRODUK PEMBIAYAAN BANK DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA BPRS METRO MADANI KANTOR CABANG TULANG BAWANG

Lania, Warandita Reskhi (2017) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT DAN PRODUK PEMBIAYAAN BANK DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA BPRS METRO MADANI KANTOR CABANG TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lania.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan jumlah nasabah merupakan tuntutan yang harus dilaksanakan, karena dengan meningatnya jumlah nasabah maka eksistenti perbankan syariah termasuk Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) bisa semakin berkembang. BPRS harus bisa meningkatkan persepsi dan manajem pemasaran yang tepat agar usahnya dapat bertahan dan tujuan utamanya dapat tercapai.oleh karena itu, BPRS perlu menerapkan pemasaran Islam yang baik. Salah satu strategi pemasaran yang banyak dipakai adalah bauran pemasaran (marketing mix). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi masyarakat tentang produk pembiayaan bank dapat meningkatkan jumlah nasabah dan apakah persepsi tentang produk pembayaan itu dapat secara signifikan meningkatkan jumlah nasabah. Objek penelitian ini adalah BPRS Metro Madani Cabang Tulang Bawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tehnik kuesioner dengan jumlah sampel 35 responden. Metode analisi yang digunakan adalah analisis deskriptif,uji regresi linier berganda, uji R2, uji F, dan uji T dengan persepsi masyarakat (X1), produk pembiayaan (X2), dan peningkatan jumlah nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara silmutan persepsi masyarakat dan produk pembiayaan secara bersamaan tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah BPRS Metro Madani Cabang Tulang Bawang. Dari hasil uji t disimpulkan bahwa variabel persepsi masyarakat dan produk pembiayaan tidak berpengaruh positif dan signfikan dalam meningkatkan jumlah nasabah BPRS Metro Madani Cabang Tulang Bawang. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan parsial untuk thitung pada variabel persepsi (1,653) dan produk pembiayaan (0,397). Sedangkan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,047 yang megandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang ada di BPRS Metro Madani Cabang Tulang Bawang adalah 4,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. BPRS Metro Madani menerapan manajemen pemasaran dengan prinsip ekonomi Islam yang lebih adil dan menentramkan, pelayanan yang cepat dan kedekatan emosional dengan nasabah, aspek tersebut bisa menarik nasabah untuk mengerti tentang bank syariah dan produknya yang ada. BPRS Metro Madani memberikan layanan yang baik kepada nasabahnya dan tidak merugikan nasabahnya. Persepsi masyarakat dan produk pebiayaan bank yang dimengerti oleh nasabah dapat meningkatkan jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:27
Last Modified: 02 Oct 2017 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item