PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Tika, Widya (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMEBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP SELF EFFICACY DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG Oleh Tika Widya Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 6 Ban- dar Lampung pada pembelajaran biologi, masih menggunakan pem- belajaran konvensional. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan pe- serta didik agar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung disebab- kan kurang pemahaman pendidik dalam menentukan model dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran terhadap self efficacy dan keterampilan berpikir tinggi peserta didik kelas XI pada mata pelaja- ran biologi. Model penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksper- imen dengan hasil postes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik random sampling yakni kelas eksperimen (XI IPA 3) yang diterap- kan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol (XI IPA 4) menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data yaitu postes, angket, dan dokumentasi,setelah data tes dikumpulkan kemudian akan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes siswa pada kelas eksperimen adalah 63,3 dan kelas kontrol iii55,5. Hasil uji t menunjukkan bahwa diperoleh hasil sig. 0,00< 0,05sehingga H1 diterima artinya rata-rata hasil yang diperoleh pe- serta didik dengan menggunakan model pemebelajaran berbasis masalah lebih dari rata-rata hasil yang diperoleh dengan menggunakan model konvensional. Sedangkan nilai untuk hasil angket uji-t menunjukan bahwa diperoleh hasil sig. 0,02< 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masaalah Self Efficacy Dan Keterampilan Berfikir Tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 06:42
Last Modified: 07 Jul 2021 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

View Item View Item