PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA PAPAN BULETIN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KIBANG MULYA JAYA TULANG BAWANG BARAT

Eky, Rahmansyah (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA PAPAN BULETIN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KIBANG MULYA JAYA TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Eky Rahmansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Terdapat berbagai masalah dalam proses pembelajaran yang terjadi di setiap jenjang pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berlangsung selama KBM masih bersifat monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan keterampilan proses sains siswa belum berkembang maksimal dan memiliki dampak terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Media pembelajaran PAPAN BULETIN merupakan Media pembelajaran yang diduga mampu membuat keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Kibang Mulya Jaya Tulang Bawang Barat yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar ipa melalui media papan buletin pada siswa kelas IV SDN 01 Kibang Mulya Jaya Tulang Bawang Barat. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan rekaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman belajar IPA peserta didik mengalami peningkatan. Dari 20 peserta didik yang memenuhi syarat ketuntasan sebanyak 13 peserta didik atau 65,00% pada siklus 1, dan siklus 2 sebanyak 16 peserta didik atau 80,00% yang memenuhi syarat. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 72,75 dan siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 80,25 sehingga dapat dinyatakan mengalami peningkatan 7.5 atau 15,00 % dari nilai rata-rata. Peningkatan juga terlihat pada bertambah 3 peserta didik dihitung dari siklus 1 ke siklus 2 yang memenuhi syarat ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini mengalami peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik dan dinyatakan penelitian tindakan ini berhasil. Kata Kunci: Papan Buletin, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:10
Last Modified: 07 Jul 2021 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item