PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

REDOIN, EDI PUTRA (2021) PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA Oleh : Redoin Edi Putra Penelitian ini dilatar belakangiountuk pengembangan, kelayakan pengembangan model problem based learning, serta mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan model pembelajaran problem based learning dengan snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas XI SMA N 1 purbolinggo.o Penelitianoini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE dengan 5 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N1 Purbolinggo dengan responden 66 peserta didik dari kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 pada materi sistem pencernaan. Pengujian kelayakan oleh ahli model pembelajaran, ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dan media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket/kuesioner, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif.o Hasil penelitian menunjukanobahwa model pembelajaran problem based learning dengan snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. layak diimplementasikan mendapatkan penilaian validasi ahli model 90%, validasi ahli perangkat pembelajaran RPP 80%, dan silabus 84%, validasi ahli materi dan media 86%. Termasuk dalam karakteria sangat layak digunakan sebagai model pembelajaran. Implementasi rata-rata lembar respon uji kelayakan peserta didik XI MIA 2 dan XI MIA 3 skor max 4290 jumlah 3750 persentase sebesar 87%. Sehingga pengembangan model pembelajaran problem based learning dengan snowball throwing efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.o Kata Kunci: ADDIE, Model Problem Based Learning, Snowball Throwing, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:01
Last Modified: 07 Jul 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15142

Actions (login required)

View Item View Item