TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KETENTUAN ZAKAT PERNIAGAAN OLEH PENGUSAHA BERAS KEMASAN (Studi di Toko Beras Desa Suka Negeri Kec. Bangunrejo Kab.Lampung tengah)

EKO, BAHTIAR (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KETENTUAN ZAKAT PERNIAGAAN OLEH PENGUSAHA BERAS KEMASAN (Studi di Toko Beras Desa Suka Negeri Kec. Bangunrejo Kab.Lampung tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI EKO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yag ke lima, Zakat Perdagangan atau Perniagaan ialah zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan harta apa saja selain emas dan perak berupa barang, properti, berbagai jenis hewan, tanaman, pakaian, perhiasan dan selainnya yang dipersiapkan untuk diperdagangkan baik secara perorangan maupun perserikatan, Namun, dalam praktinya masih ada beberapa masyarakat yang tidak mengerti tentang ketentuan membayar zakat yang sesuai dengan aturan hukum Islam , seperti yang terjadi pada pembayaran zakat yang dilakukan oleh pengusaha beras kemasan di desa Suka Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana ketentuan pembayaran Zakat Perniagaan yang dilakukan oleh pengusaha beras kemasan di desa Suka Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah? dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap ketentuan pembayaran Zakat Perniagaan yang dilakukan oleh pengusaha beras kemasan di desa Suka Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah?. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui tentang ketentuan pembayaran zakat yang dilakukan oleh penguasaha beras kemasan di desa Sukanegeri Kecamatan Bangun Rejo Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu diambil langsung dari ketentuan zakat pengusaha beras kemasan di desa Suka Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah.penelitian ini besifat deskriptif analisis yaitu di lakukan yaitu dilakukan dengan cara menggambarkan fakta yang ada, adapun jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder , sedangkan dalam pengumpulam data di gunakan metode wawancara , observasi dan dokumentasi. Pengolahan data melalui tahap editing dan sistematis data. Analisis data secara kualitatif dengan pendekatan berfikir menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Ketentuan pembayaran Zakat Perniagaan yang dilakukan oleh pengusaha beras kemasan di desa suka Negeri kecamatan bangunrejo Lampung Tengah., sebagian dari mereka sudah melaksanakan Zakat sesuai dengan aturan 2,5% dari seluruh aset (moda + untung) dan sebagian masih banyak penguasaha yang belum melakukan pembayaran Zakat Perniagaan yang sesuai hukum Islam iii besarnya zakat yang mereka keluarkan. Pembayaran Zakat yang di lakukan oleh para pengusaha beras di toko-toko beras itu nermacam�macam ada yang membayar sesuai ketentuan sebesar 2,5%. adayang menyalurkan beras berbentuk beras tanpa tahu takaran yang harus dia keluarkan besaran Zakatnya, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan para pengusaha beras tentang pembayara Zakat Dalam menunaikan Zakat Perniagaan sebagian masih tidak memenuhi ketentuan 2,5% dari jumlah Zakat Perniagaan dan tidak melihat waktu pelaksanaan Zakat Perniagaan yang ada di Desa sukanegeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:57
Last Modified: 07 Jul 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item