UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG

Mita, Agustiana (2021) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI TK PGRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Mita skripsi .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini sudah banyak lembaga formal maupun non formal yang mengangkat tema tentang pendidikan lingkungan, namun pada penyelenggaraannya anak hanya di didik untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memahami konsep hidup bersih. Sehingga konsep tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan masih belum sepenuhnya untuk di terapkan. Mengingat sangat pentingnya kecerdasan naturalis pada anak usia dini untuk di tingkatkan perlu adanya suatu metode yang harus di persiapkan dan di laksanakan oleh pendidik agar peningkatan kecerdasan naturalis pada anak meningkat secara optimal. Untuk itu peneliti memiliki solusi dalam permasalahan meningkatkan kecerdasan naturalistik anak usia dini melalui kegiatan bercocok tanam sayuran. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti, maka peneliti menyimpulkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bercocok tanam dapat meningkatkan kecerdasan naturaistik anak di TK PGRI Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalistik anak melalui kegiatan bercocok tanam di TK PGRI Bandar Lampung. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam meingkatkan kecerdasan naturalis yaitu dengan kegiatan bercocok tanam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK PGRI Bandar Lampung sebanyak 15 orang anak, dengan jumlah 9 orang anak kali-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Sedangkan alat pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan naturalis di TK PGRI Bandar Lampung dengan menggunakan kegiatan bercocok tanam, hasil ini dapat dilihat dari presentase rata-rata hasil kemampuan naturalistik anak pada siklus 1 memperoleh 60% dalam kategori cukup. Pada siklus ll peningkatan kecerdasan naturalistik peserta didik mengalami peningkatan yaitu memperoleh rata-rata keberhasilan 80% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat di simpulkan adanya peningkatan kecerdasan naturalistik di kelas A TK PGRI Bandar Lampung dengan kegiatan bercocok tanam. Kata Kunci : Kecerdasan Naturalistik, Metode Bercocok Tanamiii ABSTRACT At this time there are many formal and non-formal institutions that raise the theme of environmental education, but in its implementation, children are only taught not to litter and understand the concept of clean living. So the concept of responsibility to preserve the environment is still not fully implemented. Given the very importance of naturalist intelligence in early childhood, it is necessary to have a method that must be prepared and carried out by educators so that the increase in naturalist intelligence in children increases optimally. For this reason, researchers have a solution to the problem of increasing the naturalistic intelligence of early childhood through vegetable farming activities. Based on these problems, the researcher concludes that the formulation of the problem in this study is whether farming activities can increase the natural intelligence of children in PGRI Kindergarten Bandar Lampung. This study aims to improve children's naturalistic intelligence through farming activities in PGRI Kindergarten Bandar Lampung. One method that can be applied to increase naturalist intelligence is farming activities. This research is a Classroom Action Research. The subjects of this study were 15 children in PGRI Bandar Lampung Kindergarten, with a total of 9 boys and 6 girls. This research consists of 2 cycles. Data collection tools that the author uses are observation, interviews and documentation. The results of this study indicate an increase in naturalist intelligence by using farming activities, this result can be seen from the average percentage of the results of children's naturalistic abilities in cycle 1 getting 60% in the category of starting to develop. In cycle II the increase in naturalistic intelligence of students has increased, namely obtaining an average success of 80% with a very good category. Based on the results of these studies, it can be concluded that there is an increase in naturalistic intelligence in class A TK PGRI Bandar Lampung with farming activities. Keywords: Naturalistic Intelligence, Farming Method

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:38
Last Modified: 07 Jul 2021 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item