PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN TERBANGGI BESAR

WAHYU, ANGGORO (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN TERBANGGI BESAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WAHYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN TERBANGGI BESAR ABSTRAK Oleh: Wahyu Angoro Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran dilasanakan dengan tujuan agar dapat mengetahui (1) Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hogher Order Thinking Skilss (HOTS) pada siswa kelas 11 ipa MAN 1 Terbanggi Besar layak digunakan (2) respon peserta didik dengan pengembangan dengan pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hogher Order Thinking Skilss (HOTS). Penelitian dan pengembangan ini merupakan rise yang memakai model pengembangan R&D (Research and Development), riset pengembangan ini adalah tahap dalam mengembangkan sebuah produk yang baru ataupun mengembangkan produk yang telah ada. Pengembangan perangkat permbelajaran memakai model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10tahapan ataupun langkah , namun pada riset ini peneliti mencukukan riset ini sampai pada tahapan kelima. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP serta LKPD. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditahap awal pengembangan awal validasi oleh para pakar pakar model pembelajaran dan HOTS diperoleh presentase 91% dan memiliki kriteria yang sangat baik atau layak kemudian ditahap validasi akhir diperoleh presentase dengan besaran persentase 100% serta didapat kriteria sangat baik layak. Lalu hasil validasi dengan pakar ahlii atau pakar kurikulum ditahap awal memperoleh presentase sebesar 83,3% sedangkan di tahap akhir mendapat presentase sebesar 97,3% hal ini menunjukan bahwa produk mendapat kriteria yang sangat baik/layak untuk dapat dipergunakan. Pada validasi tahap awal dan terakhir oleh pakar materi didapatkan presentase dengan nilai sebesar 87% serta juga mendapat kriteria yang sangat baik/layak serta di tahap awal validasi dengan pakar bahasa didapat presentase 84,7% dan mendapat kriteria yang sangat baik/layak, sedangkan di tahap akhir memperoleh presentase sebesar 95,8% dan dapat dikatakan bahwa kriterianya sangat baik/layak. Pada respon peserta didik skala kecil diperoleh pesentase 85% dengan kriteria sangat layak sedangkan pada skala luas 84,5% dengan kriteria sangat layak. Pada penilaian guru skala kecil di peroleh presentase sebesar 98,4% dengan kriteria sangat layak sedangkan pada skala besa di peroleh presentase sebesar 97,7% dengan kriteria sangat layak. Presentase yang didapat untuk daya tarik produk Perangkat pembelajaran Prolem Based Learning (PBL) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebesar 84,71354% dengan kriteria Menarik. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, PBL, HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:48
Last Modified: 06 Jul 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item