PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

KHOIMAH, Ali Mukmin (2021) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHOIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi kepribadian guru merupakan seperangkat penguasaan pengetahuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Pribadi guru yang santun, respek terhadap siswa, jujur, ikhlas, dan dapat diteladani mempunyai pengaruh yang positip terhadap keberhasilan pembelajaran yang mempengaruhu prestasi belajar mereka. Namun disisi lain, kepribadian guru yang baik tersebut tidak berjalan paralel dengan bagusnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Hal tersebut terlihat dari gejala-gejala seperti siswa tidak mengerjakan PR, siswa tidak bisa menjawab saat review ulang materi, dan masih ada siswa yang pasif saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian dilaksakan pada tahun ajaran 2020/2021 di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil data yang diperoleh dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh rxy sebesar 0,669, berarti 0,669 > 0,284. Pada mencari tahu apakah ada pengaruh secara signifikan atau tidak antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar aqidah akhlak, peneliti menggukan uji regresi linear sederhana, dimana nilai t, diketahui thitung sebesar -0,906 < ttabel 1.677, yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak, dapat disimpulkan kompetensi kepribadian guru tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Setelah diketahui adanya pengaruh antara kedua variabel, maka dilanjutkan dengan mencari nilai koefisien deteminasi, untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru berkontribusi terhadap prestasi belajar. Dengan demikian besarnya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar aqidah akhlak yakni 44,75% yang berarti memiliki pengaruh, dan 55,25% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:42
Last Modified: 06 Jul 2021 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item