PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENANGGULANGI INTOLERANSI BERAGAMA PADA TINGKAT SMP

AJI, PRAYOGA (2021) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENANGGULANGI INTOLERANSI BERAGAMA PADA TINGKAT SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap Aji.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENANGGULANGI INTOLERANSI BERAGAMA PADA TINGKAT SMP Oleh Aji Prayoga Pendidikan berbasis Multikultural adalah pendidikan yang menghargai, mengakui, menilai, mengetahui, menghormati, dan toleransi tentang keragaman budaya yang terdapat dalam masyarakat majemuk, sebagai respon dari adanya kerangaman munculnya pandidikan berbasis yaitu masyarakat dalam multikultural. untuk membangaun kesadaran multikultural, yakni dimulai dari penyeragaman menuju identitas tunggal, kearah pengakuan dan penghargaan keragaman identitas dalam kerangka penciptaan harmonisasi kehidupan yang majemuk, sehingga pengetahuan tentang adanya keberagaman sangat penting untuk dikenalkan sejak dini. Jenis penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka research. library data pengumpulan dipakai adalah Metode atau yang dokumentasi. Adapun metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, pentingnya pendidikan multikultural pada tingkat SMP dianggap sangat penting dan dibutuhkan. Mengingat realita dan kondisi yang memang merupakan sekolah yang multikultural dengan kondisi dan keberagaman peserta didiknya. Implementasi pendidikan multikultural pada tingkat SMP dilakukan dengan beberapa strategi, yaitu implementasi pendidikan multikultural dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam penyampaian materi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural. Dan dengan melakukan kegiatan pengembangan diri yang menumbuhkan integrasi secara terprogram yaitu melalui ekstrakulikuler dan kegiatan yang tidak terprogram atau pembiasaan terdiri dari kegiatan rutin yang dilakukan secara terjadwal, Kedua, Faktor Pendukung implementasi pendidikan multikultural melalui kultur sekolah pada tingkat SMP adalah kerjasama semua komponen sekolah, iklim sekolah, sekolah memberikan keluasaan bagi siswa dalam mengembangkan potensi, kurikulum sekolah dan peran guru serta sarana dan prasana yang di sediakan disekolah. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya Perbedaan Pemaknaan terhadap Pendidikan Multikultural, Munculnya Gejala Diskontinuitas, Kebijakan-kebijakan yang Suka Akan Keseragaman, adaptasi antara siswa satu dengan yang lain pada awal masuk penerimaan siswa baru, sikap individu kurang pembelajaran tentang menerima perbedaan, bisa dan kurangnya media keberagaman dalam pembelajaran, serta kurangnya sosialisasi untuk guru-guru. Kata Kunci : pendidikan, multikultural, intoleransi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:20
Last Modified: 06 Jul 2021 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item