ENDANG, SEPTIANA (2021) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK TARUNA JAYA PRUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF
Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi hal-hal yang dapat menggangu suasana kenyaman kelas. Pentingnya pengelolaan kelas dimana manajemen kelas merupakan faktor yang dapat menciptakan dan mempertahankan suasana serta kondisi kelas agar selalu efektif. Kondisi belajar yang kondusif merupakan syarat yang paling penting bagi kelancaran kegiatan belajar peserta didik, sehingga dengan lancarnya pembelajaran di kelas berpengaruh terhadap motivasi belajar pada Anak Usia Dini. Pengelolaan kelas yang baik adalah kondisi kelas yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa nyaman ketika melakukan aktivitas di dalam kelas selalu termotivasi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Pengelolaan Kelas oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Taruna Jaya Perumnas Way Halim”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana implementasi pengelolaan kelas oleh guru terhadap motivasi belajar anak usia dini usia 5-6 tahun di TK taruna jaya prumnas way halim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus yang melibatkan kepala sekolah dan guru kelas. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengelolaan kelas oleh guru terhadap motivasi belajar anak usia dini usia 5-6 tahun di TK taruna jaya prumnas Way Halim dilakukan dengan menggunakan indikator pengelolaan kelas yang meliputi:1) penataan sarana dan prasarana ruangan di sesuaikan dengan kegiatan yang akan di laksanakan, 2) pengelompokkan meja dan kursi di sesuaikan dengan kebutuhan anak, 3) dinding dapat di gunakan untuk menempel sarana yang di pergunakan sebagai sumber belajar dan hasil kegiatan anak, 4) peletakan dan penyimpanan alat bermain diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya, 5) alat bermain dalam kegiatan pengaman di atur dalam ruangan 6) kelas untuk anak TK di rancang menyenangkan, warna-warna terang dan riang yang di sukai anak, 7) cahaya matahari dapat masuk di ruangan dengan baik. Kata kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 04:13 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 04:13 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15108 |
Actions (login required)
View Item |