MANAJEMEN PELAYANAN DONASI ONLINE DI LAZNAS PERWAKILAN BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG

LILI, AWALIA (2021) MANAJEMEN PELAYANAN DONASI ONLINE DI LAZNAS PERWAKILAN BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LILI AWALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK LAZNAS Perwakilan Baitul Maal Hidayatullah adalah Lembaga Amil Zakat yang menghimpun dana zakat, infak, sedekah, wakaf, hibah dan dana sosial kemanusiaan yang menyediakan layanan donasi secara online. penyelenggaraan pelayanan donasi online memerlukan manajemen agar tujuan pelayanan berjalan dengan efektif dan efisien. Teori Manajemen Pelayanan sangat tepat digunakan dalam penelitian yang bertujuan untuk mengetahui; Bagaimana Manajemen Pelayanan Donasi Online dan Bagaimana Kendala yang dihadapi LAZNAS Perwakilan Baitul Maal Hidayatullah dalam menyelenggarakan pelayanan donasi online. Jenis penelitian yakni penelitian lapangan (field researh) dilaksanakan di LAZNAS Perwakilan Baitul Maal Hidayatullah Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung. data primer dalam penelitian ini meliputi Pimpinan, karyawan, dan donatur LAZNAS BMH, dan data sekundernya yaitu buku serta beberapa referensi yang relevan dengan judul penelitian. Metode pengumpulan data; wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian; Manajemen pelayanan donasi online meliputi; perencanaan pelayanan melakukan (asessemen program), menentukan lokasi, (personal story), edit konten, share konten ke media sosial. Pengorganisasian pelayanan dilakukan pembagian kerja antara LAZNAS BMH pusat dan perwakilan. Pelaksanaan pelayanan melakukan promosi iklan di media sosial seperti facebook, instagram, dan mengupdate perkembangan program. Pengawasan pelayanan melihat perkembangan program. Mengevaluasi dengan melihat sejauh mana planning terwujud. pelayanan donasi Online meliputi; form donasi, form konfirmasi donasi, jemput donasi, konsultasi zakat, kalkulator zakat, majalah mulia, nomor rekening, dan donasi qurban melalui situs website (bmh.or,id). kendala layanan donasi online meliputi: komentar negatif masyarakat, Belum banyak muzaki yang berdonasi secara online, pentingnya zakat belum dikenal masyarakat, dan minimnya dana untuk mempromosikan layanan donasi online. Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Donasi Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:18
Last Modified: 06 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item