TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH PLASMA PEMIJAHAN DAN PEMBESARAN IKAN HIAS (Studi Peternakan Ikan Hias Bapak Polo Pakin Labuhan Dalam Kedaton Bandar Lampung)

Muhammad, Mufti Syafiq (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAH PLASMA PEMIJAHAN DAN PEMBESARAN IKAN HIAS (Studi Peternakan Ikan Hias Bapak Polo Pakin Labuhan Dalam Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP M MUFTI SYAFIQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Upah adalah memberikan imbalan sebagai bayaran kepada seseorang yang telah diperintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu dan bayaran itu di berikan menurut perjanjian yang telah di sepakati Upah dalam Islam dikenal dengan istilah ijarah, Dalam syara’ ijarah adalah jenis akad untuk mengambil manfaat dengan kompensasi. Dilihat dari segi objek ujrah dibagi menjadi 2 macam yaitu yang bersifat manfaat dan bersifat pekerjaan. Upah yang ada di dalam skripsi ini adalah upah dalam bentuk pekerjaan. Didalam hukum Islam upah mengupah sudah diatur di dalam kitab suci Al-Quran dan Hadist. Upah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias memiliki metode pengupahan dengan membayarkan upah sesuai dengan hasil panen ikan hias maka pembayaran di lakukan diakhir perjanjian, melihat upah yang tidak bisa ditentukan diawal perjanjian tidak sesuai dengan aturan upah secara islam maka penulis tertarik mengangkat pristiwa ini menjadi sebuah karya tulis skripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana praktek upah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias pada perternakan ikan hias bapak Polo Pakin, Labuhan Dalam, Kedaton Bandar Lampung? Dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias yang di terapkan pada perternakan ikan hias bapak Polo Pakin, Labuhan Dalam, Kedaton, Bandar Lampung yang memiliki akad pembayaran di akhir panen? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktek upah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias pada peternakan ikan hias bapak Polo Pakin, Labuhan Dalam, Kedaton, Bandar Lampung, dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias yang di terapkan pada peternakan ikan hias bapak Polo Pakin Labuhan Dalam, Kedaton, Bandar Lampung yang memiliki akad pembayaran di akhir panen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif normatif dengan pendekatan induktif. Data dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Menggunakan Populasi, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengolahan data menggunakan teknik editing dan sistemating. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Berdasarkan penelitian yang telah dijabarkan maka dapat disimpulkan, praktikupah plasma pemijahan dan pembesaran ikan hias di peternakan ikan hias bapak Polo Pakin berdasarkan kesepakatan, kepercayaan dan kerelaan bersama serta rasa tanggung jawab di antara kedua belahpihak, berdasarkan rukun ijarah telah memenuhi akan tetapi dari syarat ijarah tidak terpenuhi karena belum bisa di tentukan pastinya besaran upah yang harus dibayar diawal akad (samar). Maka menurut ulama upah plasma tersebut hukumnya fasid(cacat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:52
Last Modified: 06 Jul 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item