PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION FLIP DENGAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

LIA, AMELIANA CITRA SARI (2021) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION FLIP DENGAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1&2.pdf] PDF
Download (810kB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Lia Ameliana Citra Sari Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Jati Agung Lampung Selatan pada siswa kelas XI, diketahui bahwa matematika sering dianggap sebagai salah satu pelajaran yang paling sulit bagi siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah tidak diterapkannya model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di sekolah sehingga masih banyak siswa yang hasil belajar nya tidak bisa melebihi KKM. Siswa kurang termotivasi untuk belajar lebih mandiri karena tidak terbiasa melatih kemampuan berpikir kritis mereka. Salah satu model yang bisa membantu siswa dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran Peer Instruction Flip (PIF). PIF adalah model pembelajaran yang menekankan siswa agar mampu berpikir secara maksimal dan mandiri. Siswa memiliki banyak waktu dikelas untuk latihan soal dan berdiskusi dengan temannya, karena materi mereka dapat dari menonton video yang sudah diberi pada pertemuan sebeblumnya oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran PIF dengan STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Jati Agung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan sel sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan sel sama dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data diperoleh = 161,210 dan = 3,101. Nilai maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh kolaborasi model pembelajaran PIF dengan STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan uji lanjut pasca anava dapat disimpulkan bahwa (1) kolaborasi model pembelajaran PIF dengan STAD sama baiknya dengan model pembelajaran PIF (2) kolaborasi model pembelajaran PIF dengan STAD lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (3) model pembelajaran PIF lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Peer Instruction Flip (PIF), Student Team Achievement Division, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:41
Last Modified: 06 Jul 2021 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item