PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Hayatun, Aini (2021) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP HAYATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT HAYATUN.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan emosi anak adalah salah satu perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam diri anak. Salah satu metode pembelajaran yang tepat digunakan untuk menstimulus perkembangan emosi anak adalah metode pembelajaran edutainment, yaitu metode pembelajaran yang mengkombinasikan muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis dan menyenangkan untuk anak. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui pendekatan yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran edutainment dalam perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung sudah diterapkan sesuai dengan teori yang ada meskipun belum maksimal. Dalam pelaksanaannya juga sudah diterapkan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Suyadi, yaitu terdiri dari Sembilan komponen seperti: 1) menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman; (2) terdapat apersepsi sebelum kegiatan; (3) materi pembelajaran relevan dan mudah dipahami anak; (4) melibatkan secara sadar semua indera, otak kanan dan kiri; (5) menantang otak anak; (6) pembelajaran bersifat sosial; (7) menjadikan aktifitas fisik sebagai bagian dari proses yang melibatkan mental dan tindakan; (8) pembelajaran mengakomodir ragam kecerdasan anak; (9) mengakhiri pembelajaran dengan recalling. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya penggunaan metode edutainment yaitu kondisi saat ini belajar melalui daring, sehingga kegiatan dilakukan tanpa tatap muka serta belum maksimalnya sarana prasarana pembelajarannya seperti belum adanya televisi, komputer sekolah yang lebih mendukung untuk menerapkan metode pembelajaran edutainment. Kata kunci : Metode Edutainment, Emosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:38
Last Modified: 06 Jul 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item