HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENDIDIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 MERAK BATIN NATAR LAMPUNG SELATAN

ESI, FATMASARI (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENDIDIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 MERAK BATIN NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ESI FATMASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Hubungan Kemampuan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V di SDN 5 Merak Batin Natar". Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran pendidik sudah menggunakan bahasa Indonesia yang baku, akan tetapi pendidik juga menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Pendidik juga memberikan hadiah kepada peserta didik yang menjawab soal dengan benar. Hadiah tersebut berupa tepuk tangan, acungan jempol dan hadiah lainnya yang digunakan untuk membuat peserta didik termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi guru dengan motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik kelas V. teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru berjumlah 19 pendidik dan peserta didik diambil dari kelas VB sebanyak 19 peserta didik. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket kemampuan komunikasi guru yang berjumlah 22 butir soal dan angket motivasi belajar peserta didik yang berjumlah 28 butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,902 > rtabel sebesar 0,455, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi guru dengan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:32
Last Modified: 06 Jul 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15093

Actions (login required)

View Item View Item