PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (BIG BOOK) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDAYANI

EVA, JULIA (2021) PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (BIG BOOK) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANDAYANI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Eva Julia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan anak yang harus dikembangkan oleh guru, salah satu media yang dapat mengembangkan bahasa anak adalah buku cerita bergamabar (Big Book). Berdasarkan data perkembangan anak kelas B1 TK HANDAYANI bahwa perkembangan bahasa anak belum berkembang secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana penerapan media buku cerita bergamabar (Big Book) dalam Mengembangkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di Tk Handani?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana penerapan media buku cerita bergamabar (Big Book) dalam Mengembangkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di Tk Handani. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan penelitian yaitu guru kelas B1. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara serta Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa guru belum seluruhnya menerapkan langkah- langkah bercerita menggunakan media buku cerita bergambar (Big Book) yaitu yang diawali dengan menyiapkan alat peraga, Menggunakan potongan gambar tokoh yang besar, Mengatur/menyeting tempat duduk anak sebelum cerita dimulai/disampaikan, Guru berdiri sesuai dengan setting tempat bercerita (tapal kuda, setengah lingkaran atau bentuk U), Memotivasi anak agar mau mendengarkan cerita, Memberi kesempatan kepada anak untuk menebak judul cerita, Guru menciptakan hubungan yang interaktif dengan anak, Saat tangan guru menunjuk gambar harus seiring dengan hal yang diceritakan, Pada saat bercerita guru menggunakan ekspresi wajah yang menarik agar anak lebih terpikat, Guru mengulas dan menyimpulkan cerita serta mengadakan tanya jawab dengan anak. Kata Kunci: Big Book, Kemampuan bahasa.ii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the use of story aprons in developing early childhood language skills at TK Handayani. Based on data on the development of children in grade B1 TK Handayani, children’s language development has not developed optimally. The formulation of the problem in this study is “How is the use of story apron media in developing early childhood language skills at handayani?”. The purpose of this study was to determine the use of story aprons in developing early childhood language skills at handayani. This type of research is descriptive qualitative research, namely the B1 class teacher. Data collection tools that the authors use in this study are observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, the authors conclude that the teacher has not yet fully implemented the steps of storytelling using the story apron media, namely that which begins with preparing props, using pieces of large character images, Arranging/setting the child’s seat before the story begins/delivered, The teacher stands according to the setting where the story is told (horseshoe,semi circle or U shape), Motivating children to want to listen to the story, Giving children the opportunity to guess the title of the story, The teacher creates an interactive relationship with the child, When the teacher uses attractive facial expressions so that the child is more captivated, the teacher riviews and concludes the story and holds questions and answers with child. Key word : Big Book, Language ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:22
Last Modified: 06 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15091

Actions (login required)

View Item View Item