PERAN FILM PENDEK PERAWAN DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN AKHLAK BAGI MAHASISWA KPI (Studi Pada Anggota RFK Angkatan 2017)

A’an, Firmansyah (2021) PERAN FILM PENDEK PERAWAN DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN AKHLAK BAGI MAHASISWA KPI (Studi Pada Anggota RFK Angkatan 2017). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN FILM PENDEK PERAWAN DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN AKHLAK BAGI MAHASISWA KPI (Studi Pada Anggota RFK Angkatan 2017) Oleh : A’an Firmansyah Masalah akhlak adalah masalah yang penting bagi agama dan bagi kehidupan dalam masyarakat. Akhlak adalah nilai pribadi dan harga diri seseorang, maka orang yang tidak berakhlak akan hilang harga dirinya di hadapan Maha Pencipta dan masyarakat. Melalui film pendek perawan ini, UKM-F Rumah Film KPI berusaha menyampaikan pesan dakwah semenarik mungkin agar dapat menarik minat penonton untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat mengajak penonton untuk kearah yang lebih baik lagi Media dakwah merupakan salah satu alat obyektif yang menjadi penyambung yang menghubungkan ide dengan umat, suatu unsur yang penting dan merupakan urat nadi dalam totalitas dakwah yang keberadaannya sangat urgent dalam menentukan perjalanan dakwah. Akhlak yang berasal dari kosa kata dalam bahasa Arab yaitu “khuluqum” yang dapat diartikan sebagai budi pekerti, peraangai, tingkah laku, dan tabiat. Berdasarkan jenis penelitiannya, maka penelitian ini digolongkan pada jenis penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi bagian dari populasi adalah keseluruhan jumlah anggota UKM-F Rumah Film KPI angkatan 2017 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini hanya dilakukan bagi populasi terhingga sehingga tidak terlalu banyak subjeknya. Dari penelitian ini menghasilkan sebuah temuan, yaitu film pendek Perawan berperan sebagai media dakwah pada anggota Rumah Film KPI angkatan 2017. Film pendek Perawan ini dapat meningkatkan pengetahuan keislaman bagi anggota Rumah Film KPI angkatan 2017, khususnya pada pengamalan akhlak, ibadah, dan akidah. Dengan melakukan observasi anggota Rumah Film KPI angkatan 2017 yang telah menerapkan pesan yang terdapat pada film tersebut dikehidupan nyata. Kata Kunci: Peran Film Pendek Perawan dan Pengamalan Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:54
Last Modified: 06 Jul 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item View Item