Puti, Nabila S. Zain (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTADIDIK KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF
Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK Kemandirian belajar, yaitu adanya kemampuan untuk mengatasi masalah�masalah tanpa bantuan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusip ada peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. sample penelitian ini sebanyak 10 siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, dan pengambilan subjek menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalaui penyebaran angket pre-test dan post test , wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor kemandirian belajar sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi adalah 63.6 dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi meningkat menjadi 83.6. Dari hasil uji-t dengan df = 18 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2.596, dan diperoleh thitung = = -9.687< ttabel=1.812 Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Kata kunci : Kemandirian belajar, Bimbingan Kelompok dengan Teknik diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 02:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 02:23 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15080 |
Actions (login required)
View Item |