PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL PADA PESETA DIDIK KELAS IV SD/MI

RANI, PARERA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL PADA PESETA DIDIK KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANI PARERA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Suatu proses dalam pembelajaran pada prinsipnya yang merupakan proses komunikasi. Masalahnya ialah bagaimana cara agar suatu proses komunikasi dapat berjalan dengan efektif, shingga suatu pesan yang akan disampaikan dapat diterima oleh siswa secara utuh. Untuk suatu kepentingan tersebut, seorang pendidik dapat menggunakan beberapa variasi dalam penggunaan media dalam pembelajaran tersebut. Media pembelajaran yang akan dikemas yang berbentuk komik yang digunakan salah satu variasi media pembelajaran terutama untuk pengembangan moral pada peserta didik. Maka, peneliti yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media komik untuk peserta didik, serta ingin mengetahui suatu respon pendidik dan peserta didik terhadap suatu pengembangan media komik untuk mengembangkan moral pada peserta didik. Penelitian ini yang dapat merupakan penelitian R&D yang dapat mengadopsi pengembangan Borg & Gall, subjek dalam penelitian ini ialah MI AL-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung dan MIN 3 Bandar Lampung dengan instrument pengumpulan data yang brupa angket, yang akan dilakukan oleh para ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan pendidik di MIN 3 dan di AL-Khairiyah Kangkung agar dapat mengetahui suatu respon peserta didik terhadap media komik, jenis data yang akan dihasilkan kualitatif yang akan dianalisis untuk menentukan suatu kualitas media komik yang akan dikembangkan. Penelitian yang menghasilkan suatu produk berupa komik yang berbentuk digital sebagai media pembelajaran hasil penelitian penilaian dari para ahli materi mendapatkan persentase sebesar 84,2% yang berkategori “Sangat Layak”, para ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 87% yang berkategori “Sangat Layak”, para ahli media mendapatkan persentase sebesar 87% yang berkategori “Sangat Layak”. respon peserta didik suatu uji coba skala kecil adalah sangat setuju dapat digunakan media pembelajaran berupa media komik dengan persentase 86,63194 % , sedangkan dalam uji coba skala besar yang berkategori sangat setuju media yang akan digunakan dalam pembelajaran berupa media komik yang berbentuk digital dengan persentase sebesar 94,1287% dan suatu hasil dari penilaian pendidik yang dapat menghasilkan yang berkategori sangat layak dengan persentase 95,1 %. Kata Kunci: Media Komik dalam Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:25
Last Modified: 05 Jul 2021 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item