TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD DALAM ZAKAT ONLINE (Studi di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung)

Yulia, Sartika (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD DALAM ZAKAT ONLINE (Studi di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Semakian berkembangnya zaman, inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran. Salah satu inovasi yang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah layanan pembayaran digital berbasis QR Code. Bank Indonesia melihat manfaat cara pembayaran tersebut untuk mendorong efesiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif dan memajukan UMKM. QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. Hingga saat ini rendahnya pengetahuan masyarakat Kota Bandar Lampung mengenai manfaat sistem zakat online melalui QRIS dan bagaimana praktik zakat online media QRIS, mengakibatkan rendahnya kepercayaan masyarakat Kota Bandar Lampung kepada lembaga-lembaga pengelola zakat, sehingga masyarakat kota Bandar Lampung enggan menyalurkan zakatnya secara online melalui media QRIS. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana praktik penggunaan QRIS dalam zakat online di BAZNAS Bandar Lampung dan bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap penggunaan QRIS dalam zakat online di BAZNAS Bandar Lampung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penggunakan QRIS dalam zakat online di BAZNAS Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan Hukum Islam tentang penggunaan QRIS dalam zakat online di BAZNAS Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dalam praktik penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam zakat online di BAZNAS Kota Bandar Lampung yaitu, buka salah satu aplikasi support di smartphone kemudian scan atau pindai gambar barcode, ketik nominal, pilih konfirmasi dan bayar, pastikan mendapatkan notifikasi status transaksi berhasil. Tinjauan Hukum Islam tentang praktik penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam zakat online di BAZNAS Kota Bandar Lampung, hal ini diperbolehkan dan sah karena didapatkan data bahwa praktik zakat via QRIS yang dilakukan di BAZNAS Kota Bandar Lampung tanpa mengurangi syarat dan rukun dalam zakat. Tanda bahwa transaksi itu berjalan dengan efektif adalah dengan adanya ijab dan qobul antara pihak yang terlibat, ijab dan qobul tidak mesti dilakukan melalui tatap muka tetapi bisa juga dilaksanakan dengan berbagai media yang lain bisa lewat tulisan, isyarat, ataupun media-media lain yang menunjukan adanya kesepahaman. Dalam Islam, sesungguhnya kemudahan merupakan salah satu prinsip penting, ia merupakan anugerah Allah SWT selagi kemudahan itu tidak melanggar hukum Islam dan tidak mengundang mudharat maka diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:49
Last Modified: 02 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item