MODUL RAGAM LITERASI DALAM KONTEKS EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21

ADE, FITRIANINGSIH (2021) MODUL RAGAM LITERASI DALAM KONTEKS EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab i dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of MODUL LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RAGAM LITERASI DALAM KONTEKS EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI ABAD 21 Oleh ADE FITRIANINGSIH Kemampuan literasi merupakan suatu hal yang harus dimliki oleh peserta didik dalam menghadapi era global pada abad 21 agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam berbagai situasi. Namun fakta dilapangan berdasarkan PISA menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat 60 dari 65 dengan rata-rata skor sains 383 (standar skor internasional 500). Dimana PISA merupakan penilaian standar internasional yang menilai kinerja peserta didik berusia 15 tahun dengan menilai kemampuan membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan yang dinilai 3 tahun sekali. Kondisi yang tertinggal dari Negara lain ini sangat memprihatinkan, sehingga perlu dilakukan pembenahan bagi pendidikan kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk perangkat penilaian ragam literasi dalam konteks evaluasi pembelajaran biologi abad 21 yang berorientasi pada Programme for International Student Asessment (PISA), (2) pengertian dari ragam literasi yang meliputi literasi sains, literasi digital, literasi numeric dan literasi kuantitatif dalam konteks evaluasi pembelajaran pada pembelajaran biologi abad 21, (3) indikator dari ragam literasi yang meliputi litrasi sains, literasi digital, literasi numeric dan literasi kuantitatif dalam konteks evaluasi pembelajaran pada pembelajaran biologi abad 21, (4) teknik dan instrument penilaian dari ragam literasi, (5) kendala dan solusi dalam penilaian ragam literasi, (6) manfaat dari ragam literasi literasi yang meliputi litrasi sains, literasi digital, literasi numeric dan literasi kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung, observasi dan komunikasi langsung. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar angket (kuesioner) dan lembar observasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil evaluasi belajar peserta didik yang menerapkan pembelajaran berbasis iiragam literasi akan menunjukkan nilai yang memuaskan (2) Ragam literasi berpengaruh terhadap hasil evaluasi pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil analisis tersebut akan digunakan sebagai bahan dasar pengembangan modul yang disesuaikan dengan hasil analisis dan data yang ada. Kata Kunci : Ragam Literasi, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Biologi abad 21

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:42
Last Modified: 02 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item