PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL PADA KONSEP MATERI JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT SMP KELAS VII

ASTRIANA, PUTRI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL PADA KONSEP MATERI JAJAR GENJANG DAN BELAH KETUPAT SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah- langkah dalam mengembangkan bahan ajar guna mengetahui respon validator dan peserta didik, serta efektivitas dari pengembangan bahan ajar berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM) pada konsep materi Jajar Genjang dan Belah Ketupat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, ada 5 tahap dalam pengembangan ini yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Bunga Mayang Lampung Utara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi guna mengetahui kevalidan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model diberikan kepada para ahli dan untuk mengukur kepraktisan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penilaian angket ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,33 dengan kriteria “valid” dan hasil penilaian angket ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,66 dengan kriteria “valid”. Adapun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model dalam uji skala kecil yang dilakukan kepada 10 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,48 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji skala besar yang dilakukan kepada 20 peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,65 dengan kriteria “sangat menarik”. Tingkat keefektifan penggunaan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model tidak dapat dilakukan karena adanya wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model tersebut layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Bahan Ajar, ALQURUN Teaching Model (ATM), Jajar Genjang dan Belah Ketupat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:36
Last Modified: 02 Jul 2021 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item