a. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar.

sobri, Nilawati adjuddin (2014) a. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (14MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki manusia dari sekian banyaknya kecerdasan yang ada pada setiap individu. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar, salah satu faktornya adalah kecerdasan emosional. Goleman mengemukakan bahwa kecerdasan emosional menentukan posisi seseorang mempelajari keterampilan-keterampilan praktis yang didasarkan pada lima unsurnya yaitu: kesadaran diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, empati, dan membina hubungan. Prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis ajukan adalah adakah hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di 2012 SMK Muhammadiyah 01 Pringsewu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional peserta didik dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di 2012 SMK Muhammadiyah 01 Pringsewu. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner sebagai metode pokok, sedangkan metode lain yang menunjang untuk melengkapi dalam penelitian digunakan metode dokumentasi, wawancara (interview), dan observasi. Dalam penelitian ini mengandung dua variabel yaitu kecerdasan emosional (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y). Untuk mendeskripsikan kedua variabel kedalam bentuk kuantitatif yang dianalisa menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah diteliti dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik ditemukan bahwa rxy = 0,582 utuk N = 64, ini berarti bahwa rxy lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% (0,250) maupun taraf signifikan 1% (0,325), bila dimasukkan kedalam interpretasi “r” berada pada 0,40 - 0,70, Jika diperhatikan maka angka indeks korelasi yang telah diperoleh itu tidak bertanda negatif, Ini berarti korelasi antara Variabel X dan Variabel Y adalah korelasi yang searah, dengan istilah lain terdapat hubungan yang positif diantara kedua variabel tersebut. Untuk mengetahui apakah hubungan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam memiliki hubungan yang nyata ataukah hanya kebetulan saja, maka setelah diuji dengan menggunakan rumus “t” maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,00<5,635>2,65 dari hasil pehitungan tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam 2012 SMK Muhammadiyah 01 Pringsewu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: ?? PGRA ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: DR Nilawati Tajuddin
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:59
Last Modified: 02 Oct 2017 05:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item