DAMPAK PEMBELAJARAN PENIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI PADA PESERTA DIDIK KELAS V DAN VI SD NEGERI 01 PEKURUN UDIK KOTABUMI LAMPUNG UTARA

SUCI, LARASATI (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN PENIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI PADA PESERTA DIDIK KELAS V DAN VI SD NEGERI 01 PEKURUN UDIK KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta-fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu, baik berupa keadaan, permasalahan, sikap, pendapat, kondisi, prosedur atau sistem secara factual dan cermat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Penulis menggunakan triangulasi sumber untuk membandingakan data dan informasi yang di dapatkan dari hasil wawancara dengan Wali Kelas, wali murid dan juga peserta didik mengenai dampak psikologis yang dialami peserta didik selama pembelajaran dimasa pandemi. Dalam hal ini dengan mengamati Pembelajaran PAI dmasa pandemi yang ada di SD Negeri 01 Pekurun Udik Peneliti mengetahui bagaimana dampak dari pembelajaran PAI dimasa Pandemi Pada Pesea didik kelas V dan VI SD Negeri 01 Pekurun Udik Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer di peroleh dari narasumber atau responden, yaitu orang yang dijadikan sebagai obyek penelitian. Dalam penelitian ini penulis mengambil data primer dari hasil wawancara dengan wali kelas V dan VI, guru mata pelajaran pendidikan agama islam, peseta didik kelas V , VI dan juga wali murid sebagai responden untuk mendapatkan informasi mengenai Dampak Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi. Sumber data skunder di peroleh peneliti dengan cara membaca dan mengobservasi. Data sekunder yang peneliti ambil adalah Profil sekolah, visi, misi dan tujuan sekolah, data keadaan guru, data keadaan peserta didik, sarana dan prasarana, dan keadaan proses belajar mengajar di masa pandemi untuk mendapatkan informasi mengenai Dampak Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pendidikan Peserta Didik di Kelas V dan VI SD Negeri 01 Pekurun Udik, Kotabumi Lampung Utara. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan Dampak pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi. iiHasil penelitian menujukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran PAI di tengah pandemi tidak sepenuhnya terlaksana tanpa halangan, apalagi pelaksanaan di sekolah dasar. Masih ada begitu banyak keterbatasan yang menghalangi terlaksananya pembelajaran daring secara maksimal yaitu penguasaan teknologi yang masih rendah, sarana prasarana yang belum memadai, akses internet yang masih terbatas serta kurang siapnya penyediaan anggaran. Dampak pembelajaran PAI secara daring di tingkat sekolah dasar juga menyentuh seluruh pihak yang terkait seperti siswa, guru, dan orang tua. Oleh karena itudampak tersebut adalah perkembangan kogntif anak secara langsung mengalami hambatan, kemudian terhadap perkembangan afektif peserta didik pun mengalami hambatan dan terhadap perkembangan Psikomotorik sangat tidaklah berhasil jika dilakukan dimasa seperti ini khususnya di SDN 01 Pekurun Udik Pada Mata Pelaaran PAI. Kata kunci: Dampak, PAI, Pembelaajaran Dimasa Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:31
Last Modified: 02 Jul 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15029

Actions (login required)

View Item View Item