PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TERHADAP MEKANISME HAK PILIH DISABILITAS PADA PEMILIHAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG 2020 (Studi Kasus Pada Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung)

FINA, ANGGRAINI (2021) PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TERHADAP MEKANISME HAK PILIH DISABILITAS PADA PEMILIHAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG 2020 (Studi Kasus Pada Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini menganalisa tentang mekanisme hak pilih disabilitas pada pemilihan Walikota Bandar Lampung tahun 2020. Pemilihan Umum ini sendiri merupakan perwujudan nyata dari proses demokrasi dan juga menjadi alat atau media bagi rakyat untuk menyatakan kedaulatannya terhadap negara. Kedaulatan rakyat dapat diwujudkan dalam proses Pemilihan Umum supaya dapat menentukan siapa saja yang mempunyai hak dan kewajiban dalam menjalankan dan/atau mengawasi pemerintahan. Berdasarkan hal tersebut maka partisipasi pemilih menjadi indikator penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu tersebut, termasuk pemilih penyandang disabilitas mental juga mempunyai kesempatan yang sama sebagai pemilih. Rumusan masalah yang penulis ajukan yakni, Bagaimana Mekanisme Hak Pilih Disabilitas Pada Pemilihan Walikota Bandar Lampung dan Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah Dalam Hak Pilih Disabilitas Pada Pemilihan Walikota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta jenis penelitian lapangan (field research) yang didukung dengan kepustakaan (library reseach) karena penelitian ini membutuhkan data terkait mekanisme penyelenggaraan pemilu oleh KPU Kota Bandar Lampung serta membutuhkan landasan teori terkait teori siyasah dusturiyyah untuk melihat hasil dari data yang diperoleh di lapangan. Bila ditelisik dari Mekanisme Hak Pilih Disabilitas Pada Pemilihan Walikota Bandar Lampung 2020 yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung sebagai penyelenggara Pemilihan Umum di wilayah Kota Bandar Lampung telah melakukan upaya-upaya pemenuhan hak politik bagi penyandang disabilitas dalam pemilihan umum. Upaya-upaya atau mekanisme tersebut dilakukan dalam bentuk pendataan khusus agar hak pilih penyandang disabilitas dapat terpenuhi, memberikan sosialisasi pemilu kepada disabilitas, menyediakan tempat TPS yang sesuai untuk disabilitas, memberikan Surat Suara Khusus, serta memberikan pendampingan terhadap disabilitas dalam memilih. Kemudian dalam pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Hak Pilih Disabilitas pada pemilihan Walikota Bandar Lampung yakni bahwa dalam siyasah dusturiyyah mengajarkan untuk bersikap toleransi iiiterhadap sesama tanpa membeda-bedakan terutama terhadap penyandang disabilitas dan tidak bersikap diskriminasi terhadap penyandang disabilitas karena setiap manusia mempunyai hak yang sama. Seperti di dalam Q.S. Al-Hujarat ayat 11 menjelaskan bahwa adanya nilai kesetaraan, keadilan dan tidak bersikap diskriminasi terhadap siapapun, begitu juga dengan hak pilih disabilitas mental pada pemilihan Walikota Bandar Lampung, dimana sudah berjalan dengan baik sesuai dengan amanat Undang-Undang Pemilihan Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:19
Last Modified: 02 Jul 2021 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item