TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KUH PERDATA TENTANG PRAKTIK GADAI KEBUN COKELAT (Studi Kasus di Desa Gunung Batu Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

SELLY, KARTIKA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN KUH PERDATA TENTANG PRAKTIK GADAI KEBUN COKELAT (Studi Kasus di Desa Gunung Batu Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SELLY KARTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini tentang “Tinjauan Hukum Islam dan KUH Perdata Tentang Praktik Gadai Kebun cokelat (Studi Kasus di Desa Gunung Batu Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)” praktik gadai kebun cokelat ini sudah menjadi kebiasan di desa khususnya desa Gunung Batu Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Seperti adanya penambahan waktu dalam peroses gadai yang terjadi di desa Gunung Batu akibat adanya kerugian pada penerima gadai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana praktik gadai yang terjadi dan bagaimana pandangan secara hukum Islam dan KUHPerdata dalam peroses gadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peraktik gadai yang terjadi di desa Gunung Batu serta mengetahui pandangan secara hukum Islam dan KUHPerdata dalam peraktik gadai untuk menghindari adanya unsur riba, gharar, dan ketidakadilan. Penelitian ini menggunakan penelitian (field risearch) untuk mendapatkan data yang valid. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan pustaka. Setelah itu maka di analisis menggunakan metode kualitatif dengan metode berfikir secara induktif. Hasil dari penelitian skripsi ini adalah bahwa dalam proses gadai hanya digadaikan dalam waktu 2 tahun namun menyimpang dari kesepakatan awal dengan penambahan waktu dan syarat dalam gadai tersebut, menurut Hukum Islam praktik gadai tersebut tidak diperbolehkan oleh syariat Islam karena praktik tersebut mengambil manfaat dari kebun tersebut. Dalam subjek dan objek KUHPerdata gadai tersebut sudah memenuhi syarat sah dalam dalam KUHPerdata dan kegiatan ini sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Kata Kunci : Hukum Islam, KUHPerdata, Gadai Kebun Cokelat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:07
Last Modified: 02 Jul 2021 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item