PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 17 NEGERI KATON

Astari, Setia Ningsih (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 17 NEGERI KATON. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASTARI SETIA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS IV SDN 17 NEGERI KATON Oleh Astari Setia Ningsih Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajarannya, guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan untuk memotivasi peserta didiknya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Pada pembelajaran daring ini guru dituntut untuk bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik walaupun pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini ialah : (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar peserta didik saat pembelajaran daring di kelas IV SDN 17 Negeri Katon. (2) Untuk mengetahui hambatan- hambatan apa saja yang dialami guru saat memberikan motivasi belajar dalam pembelajaran daring kelas IV SDN 17 Negeri Katon. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN 17 Negeri Katon. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi,, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 17 Negeri Katon dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV B SDN 17 Negeri Katon yang terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Peran guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 17 Negeri Katon ditunjukkan dengan adanya guru sebagai motivator, perencana, dan pengarah. bentuk-bentuk motivator yang diberikan guru antara lain pemberian pujian, pemberian nilai dan memberikan hukuman, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya, menggunakan media pembelajaran. (2) hambatan yang dihadapi guru pada saat memberikan motivasi pembelajaran dalam pembelajaran daring yaitu pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh sehingga guru kesulitan dalam memberikan motivasi belajar, penggunaan media yang kurang beragam, dan kurangnya dukungan dari orang tua, waktu pembelajaran yang terbatas, tidak mempunyai kouta internet. Kata Kunci : Peran guru, motivasi belajar, pembelajaran daring. iiABSTRACT The role of the teacher in increasing the learning motivation of students in online learning for grade IV SDN 17 Negeri Katon By Astari Setia Ningsih The success of a learning can not be separated from the role of the teacher as an educator in the school environment. in the learning process the teacher is required to be able to have the ability to motivate students to create a conducive and enjoyable learning atmosphere. In tihis online learning teacher is required to be able to increase the learning motivastion of participants students even though learning is carried out at a distance. the purpose of this study are : (1) To find out how the role of teachers and teachers in motivating students learning during online learning in class IV SDN 17 Negeri Katon. (2) To find out what obstacles are experienced by the teacher when providing learning motivation in class IV SDN 17 Negeri Katon. To achieve the objectivies of the reseach objectives above, a reseach approach was used, namely qualitative research. the research location is SDN 17 Negeri Katon. The data collection techniques uses were documentation, interviews and documentation. checking the validity of the data using triangulation techniques. The population in this study was class IV B SDN 17 Negeri Katon and sample in this study was class IV B SDN 17 Negeri katon consisting of 28 students. The results of this study states that: (1) The role of teacher to increase the learning motivation of fourth grade students is shown by the presence of theachers as motivator, plannerss and directors. the forms of motivators given by the teacher include giving praise, giving grades and giving punishmen, giving students time to ask question, using learning media. (2) the obstacles faced by the teacher when providing learning motivation in online learning are learning that carried out remotely so that the teacher has difficulty providing learning motivation, the use of less diverse media and a lack of support from parents, limited learning time. Keyword : The role of teacher, learning motivation, online learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:45
Last Modified: 02 Jul 2021 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item