PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK AKAR TUBA (Derris elliptica) DAN DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) TERHADAP AKTIVITAS MAKAN DAN MORTALITAS RAYAP TANAH (Coptotermes gestroi)

TATIK, WIJAYANTI (2021) PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK AKAR TUBA (Derris elliptica) DAN DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) TERHADAP AKTIVITAS MAKAN DAN MORTALITAS RAYAP TANAH (Coptotermes gestroi). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TATIK WIJAYANTI, NPM 1611060043.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK AKAR TUBA (Derris elliptica) DAN DAUN SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) TERHADAP AKTIVITAS MAKAN DAN MORTALITAS RAYAP TANAH (Coptotermes gestroi) Oleh TATIK WIJAYANTI Rayap merupakan salah satu serangga yang menjadi hama pada perkebunan, hunian, maupun properti manusia. Penanggulangan hama rayap tanah dapat dilakukan dengan cara insektisida sintetik. Insektisida sintetik memberikan dampak negatif yang cukup besar terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penggunaan insektisida sintetik harus dikurangi. Salah satu cara alternatif pengganti insektisida sintetik yaitu insektisida nabati. Keuntungan menggunakan insektisida nabati adalah relatif mudah dibuat, sederhana, tidak merusak lingkungan karena efek residunya mudah hilang. Ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai insektisida nabati yaitu tanaman tuba dan serai wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi ekstrak akar tuba dan daun serai wangi terhadap aktivitas makan dan mortalitas rayap tanah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu kontrol, ekstrak akar tuba, ekstrak daun serai wangi, kombinasi ekstrak akar tuba dan daun serai wangi serta umpan komersil dengan 3 pengulangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji lanjut Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak akar tuba memiliki pengaruh terbaik dalam menurunkan kehilangan berat umpan yaitu 2,98% dan menyebabkan mortalitas tertinggi yakni 80,66%. Kata Kunci : Ekstrak Akar Tuba (Derris elliptica), Ekstrak Serai Wangi (Cymbopogon nardus), Rayap Tanah (Coptotermes gestroi), Kehilangan Berat Umpan Dan Mortalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:13
Last Modified: 01 Jul 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item View Item